Beranda > Buddhis, Info, Kebijaksanaan, Kehidupan > Retret Chan Ekayana 01-03 Maret 2013

Retret Chan Ekayana 01-03 Maret 2013

Sitting

Retret Chan yang gw maksud di sini adalah Retret Meditasi dengan metode Chan yang diadakan oleh Ekayana Chan Community. Kita berangkat dari Jakarta (Vihara Ekayana) jam 7 malem untuk menuju Pondok Suddhi Bhavana yg ada di Cimahi Bandung. Ga disangka, perjalanannya butuh waktu lebih dari 7 jam, kita sampe di pondok sekitar pukul 02.30 sabtu dini hari.

Kita langsung tidur, karena kecapean. Ya, di mobil selama 7 jam lebih itu ‘cukup’ menyiksa. Hahaha. Gw ga akan cerita detail pengalaman retret di sini, gw cuma mau pembelajaran apa yg bisa kita petik dari ikut sebuah retret.

Benefit apa aja sih yg gw pribadi dapetin dari retret chan ekayana ini :

1. Gw jadi lebih aware dengan diri gw sendiri. Why? Ya, soalnya di retret chan, kita nerapin yg namanya Noble Silents, jadi sesama peserta dilarang ngobrol, ngomong, liat hp, berkomunikasilah intinya, soalnya hp, bb, android, ipod dsb juga dititipin ke panitia. Ini unik banget menurut gw, karena kita dilatih untuk selalu hidup berkesadaran, lebih perhatiin tentang diri sendiri, bukannya egois, tapi supaya kita lebih aware.

2. Relaksasi yg bener2 relaksasi. Ga percaya? Setiap moment, kita cuma duduk meditasi (sitting), ini bener2 rileks. Jika kita berada dalam postur tubuh yang bener rileks, dan pas kita duduk bener2 deh ngantuk itu muncul. Lah? Katanya rileks? Yup, rasa kantuk itu adalah sebuah timbunan kelelahan kita.

Kita hidup di kerasnya ibukota, Jakarta. Udah bukan suatu rahasia lagi, kalo kita bekerja 5 hari dalam seminggu, dari pagi sampai petang, saat kita pergi ke kantor, pertama kita akan dihadapkan dengan kemacetan dan kesemrawutan di jalanan ibukota. Apa ga stress tuh?? And then, at office, kita bertemu dengan bos yang galak, yg nuntut macem2, ketemu klien yg beraneka ragam, yg sangat tinggi egoisnya, atau ketemu bawahan kita yg malesnya minta ampun, bertambah stress dah tuh. Seharian kita memusatkan pikiran, tenaga dan waktu untuk melakukan tugas at office. Pulangpun dari temen2 pasti bisa sangat larut, entah karena lembur atau emang sengaja pulang larut untuk menghindari macet.

Apa imbasnya? Waktu istirahat kita sangat berkurang. Tubuh juga pasti akan mengalami kelelahan. Pasti itu!! Tidur juga paling cuma beberapa jam, ya kan? Apa lagi kadang2 gw masih suka nonton bola kesayangan gw sampe larut malem. Tubuh pasti sangat kelelahan.

Dan HEBATNYA, pas weekend, kita malah liburan, tamasya, hangout ma temen, jalan2 keluar kota, ngabisin waktu bersama keluarga, nah lho kapan istirahatnya? Kita berada dalam kondisi sangat kelelahan, tapi kita tetep brusaha menahannya kan? Semakin kita lelah semakin kita tegang. Dan semakin kita tegang, maka semakin lelahlah kita. Terjadi deh sebuah siklus antara lelah dan tegang. Akhirnya kelelahan itu tertimbun terus menerus.

Nah pas kita meditasi, dan dalam keadaan rileks, bahkan jika kita dalam postur tubuh yg sangat tepat bermeditasi, bahkan itu bisa lebih rileks daripada kita tidur, saat tubuh kita dalam keadaan sangat rileks dan kita tidak terpancing oleh indera2 dari objek luar, maka kita sama saja memberi sebuah ruangan untuk memunculkan timbunan2 kelelahan selama ini, sehingga kelelahan ini muncul ke permukaan dan menjadi sangat dominan. Dan akibatnya? Ngantuk!!

So, kalau gw meditasi sering banget gw ngantuk, ya karena itu, karena kelelahan2 kita yg udah lama kita timbun, pada bermunculan. Ayo deh mulai sekarang mulai sering2 latihan meditasi di rumah masing2, meditasi itu bukan hanya bagi kaum Buddhis, bahkan komunitas non-Buddhis sudah banyak yang mempraktekkan meditasi sebagai suatu kebutuhan, masa kita yg Buddhis kalah sih, ayo2 sitting!!

Bagi temen2 yang pengen belajar sitting, coba deh ikutan dan dateng ke Vihara Ekayana, di deket greenvile tanjung duren, deket cafe strawberry, komunitas chan Ekayana mengadakan kegiatan sitting setiap kamis pukul 19.00-21.00 di Vihara, bagi temen2 yg pengen tau tentang meditasi, dan belajar dari awal, ayo gabung ke Sitting Group Ekayana Chan, bakalan diajarin cara duduk yg bener, cara metode meditasi yang bener, dan banyak hal bermanfaat lainnya, bagi yg pengen tau info lebih lanjut, untuk sementara bisa hubungi saya Setiawan – SMS/Whatsapp/Line (08995127045)

  1. Nana Lie
    April 10, 2013 pukul 1:36 am

    Cieee,,,mesti byk2 ikut retret gan kalo udah punya blog bgini…

    • April 10, 2013 pukul 6:28 am

      Siap sistah.. Ditunggu partisipasi anda di event2 retret berikutnya😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: