Beranda > Curhat Gue, Info, News, Tips > Peraturan Lalu “Lalang” Lintas di Ibukota Jakarta

Peraturan Lalu “Lalang” Lintas di Ibukota Jakarta

Halo guys, salam hangat dari gue Setiawan Aliong. Nyang ude pada di Jakarta, pasti ngerti deh ama apa yang bakal gue paparin di sini, yaitu lalu ‘lalang’ lintas di ibukota Jakarta. Kalau elu2 pade uda pada ngerti aturan rambu2 lalu lintas yang bener, nih gue kasi peraturan yang ada di Jakarta, elu bole ikutin, engga juga ga ape2.

Ceritanye gini nih, gue pan anak kampung yang merantau nyari sesuap oatmeal (gue lagi diet, jadi kaga makan yang namanya nasi) di Jakarte, ya ileh, biar kampung gue mah ngikut2 logat betawi getoo.. Gue uda di Jakarta sekitar 5 bulan, dan gue udah mempelajari, menganalisa, dan akan memaparkan secara gamblang aturan main tata tertib tentang lalu ‘lalang’ lintas di Jakarta. Karena gue biker, gue bakal kasi aturan mainnye cara naek motor yang ‘bener’ di Jakarta.

Aturan Main Lalu ‘Lalang’ Lintas di Jakarta :

1. Di persimpangan lampu merah, kata2 berhenti di belakang baris itu hanya berlaku untuk yang ga dapet kebagian yang paling depan, kalau lu paling depan dan tetep bijak dengan tidak bergeming dan terus berhenti di belakang garis, siap2 aja lu pake headset sennheiser mega trully bass, karena bakal banyak yg klaksonin elu suruh maju. Pilih mana? budeg karena musik yang keras atau karena suara klakson? itu pilihan anda. Itu kalau elu beruntung ye, kalau kaga, lu bakal diamukin sama orang2 di belakang elu karena elu ga maju2 dan ngalangin mereka. Jadi, kepatuhan elu harus elu tinggalkan demi nyawa elu sendiri. Gue akuin emang susah buat ga ngelanggar rambu lalu lintas di Jakarta.

2. Lampu merah menunjukkan angka 10 itu berarti elu uda bisa jalan (baca : harus jalan), sama kek tadi, kalau elu ga jalan, dan ngalangin motor2 di belakang elu, mampus dah dijamin, belum pernah ngerasain motor elu ditendang dari belakang kan? kalau pengen ngerasain, yauda elu tetep aja nunggu sampe lampu bener2 ijo baru jalan. wkwkwk.

3. Trotoar itu sah bagi motor kalau jalanan lagi macet. Jadi, kalau elu mau buru2, lu bisa tuh naik trotoar. Trus jalan aja seperti biasa. ^^

4. Jalanan satu arah itu hanya berlaku kalau ga ada polisi. Hati2 bagi elu, wahai para biker kalau elu mau belok ke jalan yang searah, jangan ngebut dan maen belok aja, lu bakal kaget kalau tiba2 dr arah berlawanan ada motor bahkan mobil dateng tiba2 dan hampir nabrak elu. Lu mau protes? ok seandainya lu menang, emang lu dapet apa? puas? mending lu hati2 aja, gue tau elu bener tapi kalau lain kali lu kecelakaan, lu masih ngotot kalau elu bener? camkan kata2 gue barusan.

5. Jalur busway bisa dipake motor (*) syarat dan ketentuan berlaku. Iya emang jalur busway banyak yang dilalui motor bahkan mobil, elu mau ikutan? ya boleh2 aja, cuma elu harus tau jam2 kapan aja dan dimana aja yang elu yakin ga bakal kena polisi. Nah celakanya kalau elu pas lewatin jalur busway, dan di depan dan belakang elu juga lewatin jalur busway, namun cuma elunya aja yang ketangkep. Lu mau protes? “Pak, itu di depan dan belakang banyak yang lewat, tapi kok cuma saya aja yang ditangkep, mereka kok enggak?” Ya jangan kaget kalau elu bakal dapet jawaban kayak gini, “Ya yang ketangkepnya bapak, yang lain lolos, gimana?” Nah lho, selamat deh berjuang dapetin slip biru atau ngerogoh uang biru dari dompet :D

6. Jangan pake motor bagus kalo elu emang bukan bener2 orang tajir. kenape? karena menurut cerita temen gue, yang pake motor bagus itu bakalan jadi korban dari gesekan2 nakal para pengendara motor lain. So, ati2 aja kalau tiba2 ada yang nyerempet elu dari samping atau belakang? Nah, parahnya lagi, di parkiran juga bisa elu temuin sayatan2 di motor bagus elu. Mending kek gue pake shogun butut. Lebih aman lah. :)

Mau menyangkal? Emang kenyataannya kek begitu, mau apalagi coba?

Ok bagi para pejalan kaki, gue ada pengalaman dari temen, jadi ceritanya ada orang lagi jalan kaki di trotoar dengan pake headset, nah tiba2 dari belakang ada motor naek trotoar itu (liat aturan maen nomer 3), wajar sih, soalnya emang di jalanan lagi macet abis. Yauda si pengendara motor klaksonin orang itu supaya minggir. Tapi entah dia ga denger atau emang pura2 ga denger, dia tetep aja jalan di trotoar dengan santainya. Ada beberapa pengendara motor di belakang situ, yang klaksonin tuh orang. Dan sepertinya tuh pejalan kaki sih uda tau, tapi mungkin karena dia merasa bener karena dia berada di trotoar yang emang dibikin untuk pejalan kaki, so, dia tetep ga beranjak.

Akhirnya pengendara motor nekad nyerempet tuh orang, dan orang itu marah, terus semuanya pada turun dari motor, nyalahin tuh orang. Karena tuh orang tetep ngerasa bener, dia sengaja ngotot, hingga akhirnya datenglah Pak Polisi, dan berusaha mendamaikan kedua belah pihak di tempat kejadian perkara.

Si pejalan kaki ngadu sama pak polisi, “Pak, saya jalan di trotoar malah diklaksonin sama nih orang, untuk minggir, padahal trotoar kan untuk para pejalan kaki.” Akhirnya Pak polisi marahin tuh pengendara motor, “Pak, bapak tau ini trotoar untuk para pejalan kaki?”. Dengan geram si pengendara motor malah ngotot, “Jalanan lagi macet, bapak liat sendiri kan? Kenapa sih nih orang ga mau minggir sebentar supaya kami lewat”. Polisi mencoba memarahi pengendara motor, “Tapi ini trotoar pak, bapak yang salah. Ini emang untuk para pejalan kaki. Jadi bapak saya tilang.” Eh digituin, bukannya pengendara motor ngaku salah, malah ngamuk2, “Oh jadi bapak maunya gitu, yauda tilang smua pengendara motor di sini, gue kebetulan orang daerah sini, apa perlu gue panggil temen2 gue ke sini.”

Nah, tau apa yang terjadi selanjutnya. Polisi memalingkan wajah ke pejalan kaki, dan berkata, “Maaf Pak, bapak yang salah, kenapa tidak mengalah sedikit untuk memberikan jalan kepada para pengandara motor, toh ga masalah kan kalau bapak minggir sedikit. Kalau dari awal bapak mau mengalah, tentu tidak ada keributan di sini, jadi bapak yang salah.” Nah lho, endingnya apa????!!!!

Ok fren, gue cuma mau nyampein itu doang sih, jadi buat para bikers dan walkers, siap2 aja di jakarta, lu harus tau aturan maennye. Yang jelas, nyawa dan keselamatan harus diutamakan. Kalau kata Sri Pannavaro, dalam bahasa jawa itu ada istilah, wong urip ki kudu bener lan pener, nah gue translatenya gini, “orang hidup itu harus benar dan juga tepat (bijak)”

Maksud dari perkataan tersebut adalah kalau kita uda merasa benar saja itu ga cukup, harus juga tepat atau bijak. Misalnya elu liat lampu masih ijo tinggal 3-4 detik, elu ngebut tuh supaya bisa ngelewatin persimpangan dan ga kena lampu merah. Nah elu mesti tau aturan maen di Jakarta, lu liat deh aturan maen nomer 2, nah bisa2 elu celaka di tengah persimpangan karena ditabrak. Elu sih secara hukum, elu ga salah, elu itu BENER, tapi sayangnya ORA PENER. (Bener tapi engga bijak) :D

Ya udah, dari gue sih itu aja sih, biar elu2 semua di Jakarta, siap2 dengan kondisi keadaan lalu ‘lalang’ lintas yang macet dan ga karuan ini. Enjoy Jakarta!!!

  1. Ipan Ardian
    Maret 9, 2013 pukul 6:27 pm | #1

    mantap mas bro, thanks

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 306 pengikut lainnya.

