Beranda > Logika > Tes Logika 6

Tes Logika 6

Anda dalam perjalanan ke kota Y, Anda lalu sampai pada dua percabangan jalan, kiri dan kanan. Anda pun bingung jalan kemana yang harus Anda ambil untuk sampai ke kota Y, kiri atau kanan. Anda kemudian bertanya pada penduduk disekitar situ..

Anda : Permisi pak, numpang tanya, jalan ke kota Y yang mana ?? ke kiri atau ke kanan ??

Pak tua : Tidak tahu nak.. yang tahu jalan ke kota Y di sekitar sini cm ada dua orang yaitu si kembar. Mereka tinggal dua rumah dari sini. tp kalau Anda bertanya pada mereka, Anda harus berhati-hati..

Anda : hati-hati kenapa ??

Pak Tua : Karena dari kedua saudara kembar itu, yang satu suka bicara jujur, yang satunya lagi suka berbohong… Anda beruntung jika mendapatkan si jujur, tp sulit untuk mengetahuinya, karena mereka itu kembar.

Anda : Baik, akan saya coba, terimakasih pak.

Anda pergi ke rumah saudara kembar tersebut, anda lalu mengetuk pintu dan dibukakan oleh salah satu dari si kembar..

Anda : Permisi, saya mau numpang tanya..

si kembar : Saya dan saudara kembarku sedang sibuk dan kami tidak punya banyak waktu !! Anda cuma boleh menanyakan satu pertanyaan !!

Pertanyaan :
Kira2 apa yang harus anda tanyakan agar Anda menemukan jalan ke kota Y ??
perlu diingat, Anda tidak tahu yang membukakan pintu itu si jujur ata si pembohong..

Silahkan tes logika anda dengan tes logika yang lain di Kumpulan Tes Logika

Jawabannya dapat dilihat di Jawaban Tes Logika

  1. amee
    Maret 10, 2011 pukul 5:47 am

    dia hrz brtanya:
    apa yang dikatakan saudara anda jika saya bertanya pd nya arah mana yg menuju kota y?
    jika org yg ditanya kbetulan merupakan org yg jujur dia akan mengatakan arah yg salah,krn dia tahu bahwa saudaranya akan berkata bhong,
    jika kbetulan org yg ditanya adalah org yg selalu berkata bohong maka dia akan mengatakan arah yg salah jg, krn dia tau saudara nya akan mengatakan jalan yg benar, soal ini sdh prnh sya dgr sblum@, awalnya sya jg gk tau jwbnya apa…

    • Maret 11, 2011 pukul 3:44 am

      Sip, bener sekali anda..😀

  2. refly
    Maret 10, 2011 pukul 11:06 am

    Jawabannya adalah : “seandainya Saya bertanya
    pada saudaramu kemanakah arah menuju air
    terjun, apa jawaban saudaramu?” misalkan yang
    keluar pertama adalah sipembohong, meski tau
    saudaranya pasti menjawab kanan dia pasti
    berbohong dengan mengatakan arahnya ke kiri,
    kemudian jika selanjutnya sijujur yang di tanya, dia
    pasti menjawab kiri karena tau saudaranya pasti
    bohong. jadi kedunya akan menjawab kiri
    sehingga meyakinkan Andi dan Budi untuk
    mengambil jalan yang berlawanan yaitu arah
    kanan.
    thats its..hehe..

  3. Maret 10, 2011 pukul 11:06 pm

    Kan itu ada 2 orang(kembar). Saya sebut aja A dan B.

    Saya akan tanya : A, kalau saya bertanya kepada B supaya saya bisa sampai ke kota Y, dia akan menjawab ke mana?kiri atau kanan?

    atau

    Saya akan tanya : B, kalau saya bertanya kepada A supaya saya bisa sampai ke kota Y, dia akan menjawab ke mana?kiri atau kanan?

    Misal aja yg bener itu ke kiri. Kalau nanyanya kayak gitu tadi, jawaban mereka berdua akan berbalikan dari yg bener alias ke kanan.
    Berarti, harus ambil jalan berlawanan arah dari yang dijawab oleh si kembar.
    Bener gak? hehe

    • Maret 11, 2011 pukul 3:43 am

      Hahaha.. Mantabh bro.. Bener sekali..😀

  4. RaVaJKS
    Maret 20, 2011 pukul 5:03 pm

    Ahahaha,,, bisa jadi jurus ampuh buat nanganin maling tuh,, hihi

  5. Eddi
    Februari 15, 2012 pukul 10:04 pm

    tanya langsung ke yang membukakan pintu, ke kiri apa ke kanan ?
    setelah itu tanya lagi ke dia (terserah pertnyaan apapun) kalau dia mau menjawab pertanyaan itu berarti dia pembohong (berarti jawaban kanan-kirinya ke arah sebaliknya). kalau dia tdk mau menjawab pertanyaan ke2 berarti dia jujur. ikuti arah yang dikatakan dia tadi.

  6. Maret 10, 2012 pukul 4:11 am

    klo baca jawaban yg diatas mungkin akan benar jika kita bertanya 2x.. masalahny kan disuruh 1 pertanyaan, pdhal kan cuma ada 1 orang (ga tau itu orang jujur ato bohong) jd ya susah jg….

  7. joslan
    April 19, 2012 pukul 4:52 am

    mana ne om..jadi bingung, kan diatas sudah jelas hanya bisa sekali ngajuin pertanyaan..ahh payahhhh

    • adi
      Mei 13, 2012 pukul 11:48 am

      jawabanya kan “apa yang dikatakan saudara anda jika saya bertanya pd nya arah mana yg menuju kota y?”
      apapun jawaban sikembar td (kiri/kanan) berarti itu arah yg salah, jd kita ambil jalan yg berlawanan

  8. betty
    Juli 6, 2012 pukul 7:10 pm

    Jwbnny psti uda pd tau.. ‘apa yg akn dikatakn sodaramu jika….’ ujung2 ny qt hrs mencari arah yg berlawanan..
    Tapi..bgmn klo pertanyaanny diganti dg.. bgmn qt tahu klo yg pertama qt temui adl si jujur ato si bohong..dg 1 pertanyaan..pertanyaan gmn?hayo tebak?hehehe.. *piss om bukan ngetes lho,cm geli aja dg kisahny..hehe

    • khafidz ardhiansyah
      Juni 10, 2013 pukul 2:26 pm

      (kalo si kembar cewek, kalo cowok tinggal balik aja)
      1.tanya aja “kamu laki-laki kan…?”
      jawab iya = si pembohong
      jawab tidak = si jujur

      2. apakah penduduk sini tau arah ke kota y…?
      jawab iya = si bohong
      jawab tidak = si jujur

      gitu aja kok repot

  9. Abr
    September 8, 2012 pukul 2:57 pm

    Jawabanya
    dia hrz brtanya:
    apa yang dikatakan saudara anda jika saya bertanya pd nya arah mana yg menuju kota y?
    jika org yg ditanya kbetulan merupakan org yg jujur dia akan mengatakan arah yg salah,krn dia tahu bahwa saudaranya akan berkata bhong,
    jika kbetulan org yg ditanya adalah org yg selalu berkata bohong maka dia akan mengatakan arah yg salah jg, krn dia tau saudara nya akan mengatakan jalan yg benar, soal ini sdh prnh sya dgr sblum@, awalnya sya jg gk tau jwbnya apa…

  10. November 15, 2012 pukul 6:20 pm

    apakah benar ini rumah si kembar yang beralamat di kota Y

    karna saya perlu bertanya beberapa hal kepada si kembar dari Kota Y

  11. Juli 24, 2014 pukul 7:33 am

    Iya jawaban yang dibawah bener😀
    Kalo ga salah, ini kayak kisah Abu Nawas, ya?

  12. Desember 27, 2014 pukul 1:45 pm

    Itu si pembohong, karena jika itu si jujur maka tdk emosional.

  1. April 11, 2011 pukul 2:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: