Beranda > Logika > Tes Logika 5

Tes Logika 5

Coba silahkan yang jago algoritma dan analisa kemampuan berpikir :

Misalnya ada 12 karung uang koin, satu karung isinya ribuan uang koin..

Nah, salah satu dari 12 karung itu isinya koin palsu semua. Nah, yang ngebedain itu cuma kalo berat 1 koin asli 10 gr, trus yang koin palsu 9 gr..

Pertanyaannya : Jika disediakan timbangan, berapa kali paling cepat kita harus menimbang biar tau yang mana karung isi koin palsu??

Silahkan berikan penjelasannya.😀

Silahkan tes logika anda dengan tes logika yang lain di Kumpulan Tes Logika

Jawabannya dapat dilihat di Jawaban Tes Logika

  1. t-dy
    Maret 10, 2011 pukul 2:39 am

    asumsi tiap karung jumlah koinnya sama kan?
    berarti paling cepat butuh 2x menimbang karna kita butuh membandingkan mana yang lebih ringan.
    Kalo paling lama tentu 12x..hahahaha….

    • Maret 10, 2011 pukul 3:05 am

      Hmm, kok bisa paling cepat 2 kali? kalau kita mau membandingkan mana yang paling ringan, kok bisa 2 kali??😀

  2. t-dy
    Maret 10, 2011 pukul 9:01 am

    Kan kita timbang dulu 1 karung. Karna dalam soal jumlahnya ribuan, ga jelas jumlah pastinya, brarti kita cuman dapat mengetahui berat karung itu tanpa tau berisi koin palsu ato asli. Kalau kita timbang 1 karung lagi baru bisa mengetahui karung yang pertama atau yang kedua asli atau palsu. Kalau karung yang kedua lebih ringan, berarti berisi koin palsu. Tp kalau lebih berat, berarti karung yang pertama yang berisi koin palsu. Tapi jika berat kedua karung tsb sama, berarti keduanya asli. Nah baru kita timbang yang laen sampe ketemu yang beratnya lebih ringan.
    CMIIW😀

    • Maret 10, 2011 pukul 9:41 am

      Hmm, oke menjelaskan pertanyaannya emang agak ribet, tapi maksudnya gini, berapa paling cepat yang kita bisa lakukan untuk menentukan mana yang palsu..

      Di sini juga tidak dikatakan jumlah koin di dalam karung sama, yang ada hanyalah kalau koin palsu 9 gr, kalau koin asli 10 gr.. tapi tidak dikatakan kalau setiap karung berjumlah koin yang sama.. Hehehe..

      Jadi, jawabannya masih kurang tepat..😀

  3. refly
    Maret 11, 2011 pukul 2:37 am

    jwabany 9 kali penimbangan..!!!

  4. Teddy
    Maret 11, 2011 pukul 6:03 am

    Yg ditimbang hrs karungnya apa boleh ngambil 1 koin buat sampel?hahaha..

    • Maret 11, 2011 pukul 6:36 am

      terserah.. hahaha..😀

  5. fathi
    Maret 14, 2011 pukul 12:21 am

    kumpulkan sampek ditandai dari karung mana….taruh 12 sampel dlm timbangan trus catet brp gram….kmudian ambil koin satu persatu…nah kalo berkurangny cuma 9 gram brrt itulah sampel koin palsu..

  6. brilian
    Maret 14, 2011 pukul 2:28 pm

    jawabannya adalah 6 x

    karena da 12 setengah dari 12 adalah 6
    ditimbang 2 mna yang lebih berat berarti yang asli

  7. RaVaJKS
    Maret 20, 2011 pukul 4:37 pm

    sesuai dengan pertanyaannnya “Berapa kali paling cepat?”

    ya tentu saja satu kali penimbangan yang paling cepat, karna kalau kita ambil salah satu sampel koin untuk di timbang dari ke 12 karung tersebut dan ternyata hasilnya 9gram maka kita telah mendapatkan karun yang berisi koin palsu dan proses pencarian telah selesai,,

    tapi,,,

    jika penimbangan dari sampel koin yang pertama hasilnya 10gram maka kita akan mengambil sampel yang lain untuk di timbang,,,, begitu seterusnya,,,

    hihihi,, tolong di kritik ya om,,

    • Maret 21, 2011 pukul 1:22 am

      Ou gitu. Ini bukan jenis tes logika dari unsur bahasa kok bro. Bener2 tes logika yang mengutamakan logikanya, jadi unsur “Berapa kali paling cepat?” itu artinya bagaimana kita membuat rumusan supaya bisa ketemu paling cepat, dan hasilnya harus 100% benar..

  8. RaVaJKs
    Maret 21, 2011 pukul 2:45 pm

    hmm,, ad cara yg lbh cpt dn 100% memuaskn,,

    kita bikin variable dulu:
    X= 780gram (1+2+3…+12 X 10)
    Y= hasil penimbangan koin yang tlah kita kumpulkan
    Z= nomor karung yang berisi koin palsu

    oke,, skarang kita mulai langkah2nya:
    1. berikan nomor setiap karung, contoh: karung1, karung2, dan strusx,,
    2. ambil sampel koin di stiap karung sesuai nomor karungnya, Contoh: 1koin untk karung1, 2koin untk karung2, dan strusx,,,
    3. timbang semua koin yg tlah trkumpul,, nilainya jadikan sbgai nila Y.
    4. hitung X-Y=Z
    5. Z = nomor karung.
    6. jadi deh,,, hehe

    contoh:
    hasil pnjumlhn koin td adlh 779, brrti ini adlh nilai Y
    jadi X-Y=Z, mnjadi 780-779=1
    maka jwbnx adlh karung nomor 1.

    klo ada yang gk paham,,, cobalah dengn hal yang sederhana,,

    misal:
    ada 3 karung uang koin, dan salah satu dari karung tersebut berisi koin palsu semua,,, berat koin asli 10gram dan yg palsu 9gram,, nah carilah cara yg tercepat untk menemukan mana karung palsu trsebut.

    jawaban
    klo hasilx: 59gram brrti karung1, 58gram karung2, 57gram brrti karung3.

    hihihi,, mngkn sprti itu maksudnya ya om,,,

    • Maret 21, 2011 pukul 2:46 pm

      sip bru.. jawabanmu benar.. Hehe..

      • D
        Desember 18, 2014 pukul 12:25 pm

        Pertanyaannya brapa kali nimbang ato kantong mana yg palsu sih??

  9. RaVaJKs
    Maret 21, 2011 pukul 2:51 pm

    maaf om,, dikit masukan aja,, pertanyaan mempengaruhi proses logika kita,, jd mngkn butuh di ubah pertanyaannya,,, ^__^

    • Maret 21, 2011 pukul 3:10 pm

      ok bro. thanks yah.

  10. RaVaJKs
    Maret 21, 2011 pukul 3:14 pm

    u ar welcome ma friend,,,

  11. w
    Mei 1, 2011 pukul 7:16 am

    pertanyaan kurang detail…

  12. fhabib
    Juni 27, 2011 pukul 6:49 am

    RaVaJKs :
    hmm,, ad cara yg lbh cpt dn 100% memuaskn,,
    kita bikin variable dulu:
    X= 780gram (1+2+3…+12 X 10)
    Y= hasil penimbangan koin yang tlah kita kumpulkan
    Z= nomor karung yang berisi koin palsu
    oke,, skarang kita mulai langkah2nya:
    1. berikan nomor setiap karung, contoh: karung1, karung2, dan strusx,,
    2. ambil sampel koin di stiap karung sesuai nomor karungnya, Contoh: 1koin untk karung1, 2koin untk karung2, dan strusx,,,
    3. timbang semua koin yg tlah trkumpul,, nilainya jadikan sbgai nila Y.
    4. hitung X-Y=Z
    5. Z = nomor karung.
    6. jadi deh,,, hehe
    contoh:
    hasil pnjumlhn koin td adlh 779, brrti ini adlh nilai Y
    jadi X-Y=Z, mnjadi 780-779=1
    maka jwbnx adlh karung nomor 1.
    klo ada yang gk paham,,, cobalah dengn hal yang sederhana,,
    misal:
    ada 3 karung uang koin, dan salah satu dari karung tersebut berisi koin palsu semua,,, berat koin asli 10gram dan yg palsu 9gram,, nah carilah cara yg tercepat untk menemukan mana karung palsu trsebut.
    jawaban
    klo hasilx: 59gram brrti karung1, 58gram karung2, 57gram brrti karung3.
    hihihi,, mngkn sprti itu maksudnya ya om,,,

    kan pertanyaannya berapa kali nimbang bro😀

  13. fhabib
    Juni 27, 2011 pukul 7:23 am

    versi gue…semoga bener….

    ada 12 karung….salah satunya berisi koin palsu(dengan berat lbh ringan)
    1) kita bagi 12 karung itu dalam 2 kelompok (A dan B)…jadi masing2 kelompok ada 6 karung…

    2) trus kita timbang A dan B…..(proses penimbangan pertama)
    ===> hasilnya adalah….berat antara A dan B..mana yg lebih ringan??yang ringan itu berarti salah satu karungnya ad yg isinya koin palsu(inget!!!!…karung dengan koin palsu dia lebih ringan, asumsinya keterangan soal berat masing2 karung adalah sama, selain karung yang isinya koin palsu)

    3) hasilnya…contoh : karung kelompok B yang lebih ringan….brarti karung dengan koin palsu ada diantara 6 karung ini

    4) dari 6 karung kelmpok B itu sekarang kita bagi jd 2 kelompok lagi….jadi kelompok B1 dan B2 dengan masing2 terdiri dari 3 karung…

    5) kita timbang lagi antara B1 dan B2….mn yang lebih ringan??brati karung palsu ada di dlm kelompok itu…

    6) taruh lah B2 yg lbh ringan….brarti skrg tinggal 3 karung tersisa, dmn diantara 3 karung itu terdpat karung dgn koin palsu…

    7) anggap aja 3 karung (dr kelompok B2) adalah X, Y dan Z….mudah aja khan….kita ambil aja 2 karung buat di timbang….

    ada 2 kmungkinan…..
    1) kalo yg ditimbang SAMA BERATnya….berarti karung yg tersisa itulah yg isinya koin palsu..
    2) klo waktu ditimbang gak sama beratnya …. berarti yang beratnya PALING RINGAN itulah yang isinya koin palsu

    jadi jawabannya versi gue ada 3x proses penimbangan

  14. jmjohn
    Agustus 13, 2011 pukul 11:49 am

    tergantung yg nimbang hehe

  15. Jacky
    Desember 21, 2011 pukul 1:45 pm

    3 kali cukup…

    ada 12 karung nih…
    ambil 6 vs 6…

    ehh taunya berat enteng sbeelahh
    ambill 6-6nya…

    bagi lagi jadi 3 vs 3..

    ehh enteng sebelah lagii…

    bagi deh jadi 1 vs 1..

    kalau udah enteng sebelah (jadi ya ketawan, itulah yang palsu, tapi kalau sama, berarti yang gak diukur itu yang palsu, tanpa ukur juga udah ketawan)

  16. rifff
    Januari 12, 2012 pukul 1:30 pm

    ah susah2 ambil aja satu sampel dari setiap karung timbangin aja trus satu2…

  17. Tapir
    Februari 23, 2012 pukul 6:17 am

    1 kali. tiap karung di kasih nomor 1 sampai 12. dan dari tiap karung yg diberi nomor di ambil koin didalam nya sesuai dengan nomor yg ditandai. jadi karung no 1 diambil 1 koin nya, karung nomor 2 diambil 2 koinnya, dst sampai karung ke-12. lalu ditimbang keseluruhan. total kekurangannya akan sesuai dengan no karung yg ditandai, sehingga ketahuan kalo koin palsunya nnt ada di karung nomor berapa

  18. Panglima
    Februari 28, 2012 pukul 2:10 pm

    6 x paling cepat.
    1.) timbang 6 karung, 2.) timbang lagi 6 karung, 6 karung yang lebih berat di pisahkan
    3.) timbang 3 karung. 4.) timbang lagi 3 karung. 3 karung yang lebih berat di pisahkan
    5.) timbang 1 karung. 6.) timbang lagi 1 karung. kalau 2 karung yang di timbang sama
    berarti yang belum di timbang palsu
    atau
    Karung timbangan ke 5.) dan ke 6.)
    mana yang lebih ringan itu palsu

  19. Maret 10, 2012 pukul 3:58 am

    cuma 3x timbang kok…. misal, kita bagi 12 karung jd 2.. kan 6 karung disebelah kanan timbangan dan 6 karung disebelah kiri timbangan… tentu yg lebih berat adalah asli semua.. jd tinggal 6 karung yg dicurigai (1x timbangan).. trus dari 6 karung ini dibagi 2 lagi… (langkahny sama dengan diatas, jadi ada 3 karung dikanan dan dikiri timbangan)… tentu yg lebih berat asli semua… jd tinggal 3 karung yg dicurigai (2x timbangan).. skr kita hanya menimbang 1 karung disebelah kanan, dan 1 karung disebelah kiri (3x timbangan).. jika beratny sama, maka karung yg sisa ( ada 1 karung yg blum ditimbang) itu yg ada koin palsu.. jika salah satu karung ada yg lebih berat, maka karung yg lebih ringan ada koin palsunya…

  20. April 17, 2012 pukul 9:14 am

    binguuunggg…..

  21. arif
    Juni 4, 2012 pukul 11:23 am

    emm mending jual aja uang koin dgn uang kertas hehehe biar nga usah lgi ngitung

  22. arif
    Juni 4, 2012 pukul 11:29 am

    hehehe kan ini tes logika naa logikanya kan org skrang kn lbih bnyak mncri keuntungan dn kmudhan naa mnding tukar uang koin dgn uang kertas lalu bgikan k yg memerlukan , hehehe mungkin jwbnnya aneh tpi itu mnurut logika saya hehehe

  23. Agustus 27, 2012 pukul 3:39 pm

    6 kali dong ,

  24. supri
    September 11, 2012 pukul 1:59 am

    4 kali yg pali cepat;;;

  25. jonson
    September 29, 2012 pukul 5:54 pm

    paling cepat 3 kali
    dengan cara binary

  26. November 13, 2012 pukul 1:16 pm

    Jawabannya 1x. misalkan saja pada saat melakukan penimbangan pertama karung A dan Karung B isinya sudah ditemukan perbedaan, maka sudah bisa dipastikan karung yang paling ringan adalah karung yang berisi koin palsu. (Sistem Peluang dalam matematika)
    Terimakasih🙂

  27. November 15, 2012 pukul 6:15 pm

    cuma di perlukan satu kali menimbang saja…..

    karna beda berat antara koin asli dan koin palsu hnya 1 gram

    jika di hitung perkarung bedanya bisa menjadi 1 kilo

    nah sudah terlihat jelas saat pertama di timbang bahwa karung koin asli lebih berat daripada karung koin palsu…..

    jadi kita tinggal membuka karung koin yg lebih ringan saja untuk mencari tau alasan kenapa bisa menjadi beda timbangan

    dan hasil nya di ketahuilah penyebabnya adalah karna koi it palsu….

    jadi kita hnya prlu menimbang 1 kali saja

  28. fina
    Mei 23, 2013 pukul 11:01 am

    ganpang tinggal kita pake aja koinnya buat belanja nanti kalo ada yang gak diterima pas dipake berarti itu yang palsu.

  29. julio
    Desember 7, 2013 pukul 5:53 am

    hanya butuh 1x penimbangan . tumpuk tumpuk saja karungnya dalam menimbang . lihat tiap tumpukan berapa penambahannya . jika terdapat 1 karung dengan penambahannya kurang dari 10 gr berarti itu yang palsu

  30. Detective abal-abal
    September 4, 2014 pukul 11:57 am

    Tanpa ditimbang pun berat koin palsu akan terasa oleh kita. Ini hanya perbedaan persepsi dari segi penampilan luar karung juga akan berbeda, karung dengan koin asli akan terlihat lebih kebawah karena beban dari koin asli yang kita asumsikan : 1 karung = 1000 koin.
    1 koin = 10 gr, 1000.10= 10.000 gr. Beban seberat itu bakal membuat karung terhenyak kebawah.

  31. Desember 27, 2014 pukul 1:40 pm

    Karung ke 3 ok.. bener kan hehehe

  1. April 12, 2011 pukul 1:41 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: