Beranda > Info, Kebijaksanaan, Kehidupan, Tips > Reaksi Kita Menghadapi Kritik

Reaksi Kita Menghadapi Kritik

Setiap orang normalnya senang mendapat pujian. “Wah kamu rajin sekali ke gereja..” tentu wajah kita akan berseri-seri mendengar ucapan itu. Atau saat mamah kita memuji IPK kita, “Wah IPK mu tinggi ya, anak mamah emang pandai..”

Tapi lain halnya jika kita mendapat kritikan, kita tidak mudah untuk berlapang dada.. misalnya, ada teman yang bilang, “kamu kok gak ke gereja hari ini??” atau “IPKmu kok cuma segitu”.. tentunya kita akan marah2..

Ada beberapa tanggapan dari kita jika mendapatkan kritikan (kita semua pasti akan termasuk salah satu diantaranya)

1. reaksi pertama yang paling gampang dan paling sederhana adalah bila dikritik kita berlagak pilon dan berlagak bodoh .. misalnya, ada teman yang bilang, “kamu kok gak ke gereja hari ini??”, kita akan bilang “emang ada acara apa toh hari ini??” yahh pokoknya kita akan berlagak pilon.. atau misalnya, ada teman yang bilang “IPKmu kok cuma segitu”, respon kita “IPK segitu udah bagus, tauuuuu”

2. reaksi kedua adalah bila dikritik kita marah-marah .. misalnya, ada teman yang bilang, “kamu kok gak ke gereja hari ini??”, kita akan bilang “emang apa urusanmu, terserah aku dong mau ke gerjea atau nggak” yahh pokoknya kita akan marah-marah sehingga pengkritik kita diam ^_^.. atau misalnya, ada teman yang bilang “IPKmu kok cuma segitu”, respon kita “Eh jangan sok tau ya, papaku bilang IPK segini sudah bagus”

3. reaksi ketiga adalah bila dikritik kita akan cari “teman” .. misalnya, ada teman yang bilang, “kamu kok gak ke gereja hari ini??”, kita akan bilang “Halah si A aja jarang ke gereja, paling setahun sekali waktu natal, masih untung aku masih sering” yahh pokoknya kita akan cari kambing hitam sehingga kita terkesan lebih baik.. atau misalnya, ada teman yang bilang “IPKmu kok cuma segitu”, respon kita “Ada yang lebih jelek dari ini kok, coba lihat IPK si A, B ma C, IPK mereka lebih rendah dariku kok”

4. reaksi keempat adalah bila dikritik kita akan mengeluarkan jurus yang sangat sakti yaitu cuek bebek , tidak peduli apa yang dikatakan oleh teman kita.. misalnya, ada teman yang bilang, “kamu kok gak ke gereja hari ini??”, kita akan bilang “Biarin” yahh pokoknya kita cuek.. atau misalnya, ada teman yang bilang “IPKmu kok cuma segitu”, respon kita “Tidak apa-apa”

5. reaksi kelima adalah bila dikritik kita akan ngambek .. misalnya, ada teman yang bilang, “kamu kok gak ke gereja hari ini??”, kita akan bilang “Ya sudahlah lain kali aku juga nggak akan ke gereja” yahh yang ini namanya ngambek.. atau misalnya, ada teman yang bilang “IPKmu kok cuma segitu”, respon kita “Ya sudah lain kali, aku nggak mau masuk kuliah aja, malas dikritik terus”

6. reaksi keenam adalah bila dikritik kita akan merenungkannya terlebih dahulu, kemudian jika menang kritikan itu benar, kita mengucapkan terima kasih.. misalnya, ada teman yang bilang, “kamu kok gak ke gereja hari ini??”, kita akan bilang “O ya iya, terima kasih sudah mengingatkan, lain kali saya akan ke gereja..” atau misalnya, ada teman yang bilang “IPKmu kok cuma segitu”, respon kita “hmm.. iya lain kali saya akan berusaha memperbaikinya.. terima kasih ya..”

Nah, kalian termasuk yang kelompok mana tuh?? Hehehe..

  1. Januari 3, 2011 pukul 10:15 am

    kadang nomor 1,2,3,4,5 atau 6 tergantung situasi, hehehehehe 😀

    • Januari 4, 2011 pukul 1:39 am

      berarti semua dong.. hahhaa..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: