Beranda > Info, Internet, Tips > Alasanku tidak memilih BlackBerry

Alasanku tidak memilih BlackBerry

Sekedar sharing aja nih kawan, gaung BB ada dimana2, haha.. Setidaknya, hal itu pernah membuat pikiranku terlintas untuk membeli barang yang satu ini.. Tapi, setelah me-review di internet tentang apa sih BB, fungsi, fitur dll.. Akhirnya, saya tidak jadi membeli BB, why? Berikut adalah alasannya :

1. PIN + IMEI

Kalau kita menggunakan BB, pasti dong, kita pakai aplikasi BBM yang ada di BB, buat apa beli BB tapi kagak pake aplikasi itu. Nah, jika handphone semacam Nokia atau lainnya, ponsel tersebut hanya memiliki IMEI (International Mobile Equipment Identity) saja.. Sedangkan kalau BB, ada tambahan satu lagi yaitu PIN (Personal Identification Number), kalau kita ingin BBM, ya kita harus ngasi tau PIN kita.. Akibat adanya PIN ini, urusannya menjadi ribet jika kita akan menjual dan membeli Blackberry second. Mengapa? Karena account pada PIN Blackberry ini harus direlease dulu ke perusahaan Research In Motion Limited (RIM) Kanada, vendor Blackberry, lewat operator tempat kita berlangganan Blackberry Internet Service (BIS) agar status kita selaku pemilik yang lama didelete, sebelum kita berniat menjualnya. Sebab jika tidak, pembeli Blackberry second kita akan ditolak RIM sewaktu create email baru saat pertama kali mengaktifkan push email pada Blackberrynya.

Gimana kalau ga usah di delete? Ya, silahkan.. Tapi informasi akun pada BB tersebut adalah informasi akun kita.. Bagaimana jika BB tersebut digunakan untuk tindakan kriminal.. Who knows..

2. Harga

Meski dari hari ke hari harga Blackberry makin turun, tetapi biaya operasional untuk menggunakan Blackberry masih terbilang cukup mahal menurut saya untuk rata-rata kantong orang Indonesia. Karena ada tambahan abonemen biaya mulai dari 100 ribu hingga 180 ribu untuk berlangganan BIS agar bisa berchatting ria lewat BBM atau menikmati Push email menggunakan Blackberry. Harga tersebut belum termasuk biaya pemakaian pulsa untuk nelpon dan SMS yang juga perlu anda bayar pada pemakaian Blackberry anda.

3. Robot

Bagi anda yang kebetulan salah satu orang penting, yang termasuk karena jabatan stategisnya bisa mendapatkan fasilitas Blackberry gratis dari kantor, jangan keburu senang dulu dan berbangga hati atas penghargaan ini. Mengapa? Dengan memegang Blackberry, siap-siaplah anda menjadi robot atau mesin yang bisa diremote pimpinan anda sewaktu-waktu, melebihi umumnya 8 jam orang kerja per harinya. Karena dengan memegang Blackberry, nantinya tidak ada alasan lagi buat anda untuk tidak menerima atau mengabaikan email atau instruksi penting dari Bos anda karena email bak SMS akan dikirim dan diterima secara realtime lewat Blackberry anda.

4. Interupsi setiap waktu

Dengan memakai Blackberry, siap-siaplah sepanjang hari waktu anda akan selalu mendapat alert interupsi berupa pemberitahuan ada Chatt BBM atau YM masuk, maupun adanya email masuk yang tak henti-hentinya memberondong anda sepanjang waktu terjaga anda setiap hari. Kalau dulu jamannya kita yang harus pull, menjemput informasi, dengan menenteng Blackberry, arus informasi yang ngepush ke kita setiap hari, suka atau tidak suka.

5. Jadilah Autis

Lihatlah sekelilingmu, banyak menjumpai orang sekarang yang lebih asyik mengutak-atik ponselnya daripada membaca buku atau memperdulikan orang lain disekitarnya.

6. Confidential

Dengan memakai push email seperti dari layanan Blackberry, Ini juga berlaku pada semua layanan push email vendor lainnya, tanpa dihindari ada pihak ketiga selain pihak kedua penyedia layanan email anda tentu saja, punya hak akses dan bisa membaca dan mengetahui rahasia penting pada isi email anda, selain anda sendiri. Bayangkan account paypai anda tahu-tahu dibobol hanya gara-gara passwordnya dibaca atau dicuri oknum orang dari RIM yang tidak bertanggung jawab misalnya. Atau bisa aja data anda meski sudah dienskripsi lalu lintas datanya oleh RIM tiba-tiba para kracker membajak datanya.

Bukan bermaksud sombong, hampir semua fungsi Blackberry ada di ponsel saya. Mungkin hanya fasilitas BBM aja yang tidak ada tapi sudah tergantikan Fring yang memfasilitasi fungsi canggih mirip Blackberry. Mau YM saya bisa. Mau Gtalk saya bisa. Mau memBroadcast atau ngeTweet saya bisa. Mau Facebookan bisa. Mau call me dengan Skype bisa. Dan satu lagi, Nokia Live Messaging saya juga punya.. Add ya aliongz@ovi.com ..πŸ™‚

  1. sinxa
    April 21, 2011 pukul 6:56 am

    bener banget mas….
    saya tak ada alasan menyukai blackberry.
    apalagi hanya karna alasan BBM yg disuka banyak orang..????
    BBM itu buat apa sih? Chating? Kirim Foto? Video? Emang yg lain gak bisa? YM? GMail? Fring? Mig33??
    BBM Lebih kenceng n cepet ngirim email??? Iya karna jalur BIS dapet prioritas provider dimana2… Kalo saya mau keluar duit sebanyak tagihan BB bulanan buat bayar paket HSDPA juga saya bisa dapet speed segitu…
    BBM bisa push email?? emang yg lain gak bisa??? GMail di hape saya lgsung bunyi begitu ada email masuk. Lagian sepenting apa sih pekerjaan para user BB sampe segitu nuntutnya kecepatan email??

    Justru menurut saya kelamahan BB itu apa?
    Kalo emang niat pake BB buat cari temen, knapa cuman bisa BBMan dengan sesama pemakai BB saja? bukankah ini malah terkesan men-spesial-kan diri sendiri dan kalangannya saja? Coba pake YM ato yg lain… siapapun yg pake HP apapun lebih banyak bisanya…

    • April 21, 2011 pukul 10:02 am

      betul sekali, kalau alasannya untuk push mail, hp seperti symbian atau android juga bisa.. saya menggunakan android dan juga symbian, untuk symbian yang saya gunakan memang tidak bisa push mail, tapi jarak pengecekan setiap 5 menit sekali, bisa diatur sih..

  2. sayid
    Juni 1, 2011 pukul 11:32 pm

    setuju

  3. Septian
    Juni 6, 2011 pukul 2:51 am

    HPku yg jadul, SE K320i, juga malah melebihi fasilitas blackberry wlw ga ada BBM + mirip komputer, heheheπŸ˜€
    Maen game online juga bisaπŸ˜€

    • Juni 6, 2011 pukul 6:44 am

      Betul bro. Hp saya 6120 juga bisa seperti BB, tapi saya sekarang pake Samsung Galaxy Gio bro. Android based. Lebih canggih daripada BB.πŸ™‚

  4. kunyuk
    Oktober 27, 2011 pukul 3:13 am

    Habis baca artikel ini, jadi kepengen beli BBπŸ˜›

    • Oktober 27, 2011 pukul 3:33 am

      N then, welcome to the BB..πŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: