Beranda > Curhat Gue, Info, Kehidupan, Love, Romantis, Tips > Gaji Minimal untuk Menikah

Gaji Minimal untuk Menikah

Mesti banyak orang yang berfikir, “Kalo nanti aku nikah, kira2 gajiku yang segini cukup kagak ya?”

Oke, sebelumnya kita akan buat survey secara garis besar aja..
Berikut adalah daftar pengeluaran standar bulanan setelah nikah.. Mungkin sangat membantu bagi orang yang mengalami “Financial Syndrome after Marriage”

Daftar anggaran bulanan (asumsi : disusun berdasarkan skala proritas, d isusun dengan sangat2 relatif, dan berdasarkan basic needs standar menengah ke bawah)

1. Makan

Dengan asumsi sekali makan adalah 5.000 (ini tidak berlaku di ibukota ya) Maka makan 3x sehari, kali 2 orang (karena ga mungkin kan makan sepiring berdua, itu hanya lagu, kawan), kali 30 hari adalah Rp 900.000

Tips
Jangan beli masakan yang uda jadi, usahakan masak sendiri di rumah..

2.Kontrakan

Dengan asumsi masih ngontrak a.k.a belum punya rumah sendiri, Maka dana untuk kontrakan sekitar 500.000/bulan

Tips
Kalau emang bener2 kepepet, cobalah tinggal di Pondok Mertua Indah, dana makan dan dana rumah bisa dibebaskan. Di pondok mertua indah, anda akan bebas makan apa aja, termasuk ‘makan ati’ (Just kidding)

3. Listrik dan Air

Dengan asumsi daya listrik 900 watt dan pake jetpam maka anggaran untuk listrik adalah 100.000/bulan

Tips
Jangan pake AC, selain boros listrik juga tidak baik untuk kesehatan, cukup berikan ventilasi secukupnya..

4. Transportasi
Dengan asumsi naik motor ke kantor, maka untuk ongkos bensin dan servis adalah 100.000/bulan.. Naik mobil nanti aja kalau uda bener2 bebas kesulitan finansial..

Tips
Jangan sungkan2 nebeng rekan kerja, dengan alasan mempererat silaturahmi dengan yang ditebengi, maka perjalanan berangkat dan pulang kantor akan terasa lebih menyenangkan..

5. Komunikasi

Dengan asumsi pake cdma yang 1.000/menit maka untuk sebulan, ongkos komunikasi berdua adalah 100.000

Tips
Hindari pemakaian pulsa untuk berinternet, internetlah seperlunya saja.. Karena biaya pulsa untuk internet seperti facebook, ym, yahoo akan memakan pulsa anda..

6. Keperluan sehari2

Seperti sabun, odol, shampoo, dsb alokasi dana untuk ini sebesar 50.000

Tips:
Tidak perlu melakukan facial, creambath dll.. Gunakan uang sebijak mungkin..

7. Kesehatan

Seperti minyak kayu putih,vitamin, obat pusing, maka alokasi cadangan untuk kesehatan sebesar 50.000

Tips
Jaga kesehatan, jangan malah memforsir tenaga untuk bekerja, nantinya malah sakit dan menelan biaya yang jauh lebih besar dari pendapatan yang diperoleh akibat memforsir tersebut..

8.Entertaiment

Ya katakan untuk nomat, nonton live music, sekali2 makan martabak, alokasikan 100.000 aja..
Tips
Sebenarnya untuk hiburan tidak perlu untuk mengeluarkan uang, misalnya lari pagi, senam atau semacamnya..
Jadii…
Dari asumsi basic needs diatas maka pengeluaran untuk tiap bulan adalah
sebesar :

1.900.000/bulan

(doh masih gede juga ya.. T___T)

Ya kira2 segitulah minimnya.. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan buat yang pengen nikah, daripada nikah tapi nanti utang kanan utang kiri kan ga lucu.. ^^

  1. Juli 22, 2010 pukul 1:32 am

    Pertamax :

    RASM ( Rencana Anggaran Setelah Menikah )

    1. Rumah : 50.000,- ( hanya cadangan kalo ada genteng bocor, soalnya dah di rumah sendiri )
    2. Listrik : 100.000,-
    3. Makan : 700.000,- ( cukup g cukup harus cukup…. kalo perlu makan sambel sama krupuk itung2 diet )
    4. Pulsa : 50.000,- ( jarang sms juga, la yang di sms dah tinggal 1 rumah je )
    5. Inet : 50.000,- ( Pake modem HP CDMA, alon2 asal klakon yang penting bisa inet )
    6. Investasi Pendidikan Anak : 100.000,- ( ini biaya bom waktu kalo g dipikirin dari dini, besok pas anaknya masuk kuliah puyeng, ada ide salah satu dari suami atau istri jadi dosen UKDW, anaknya bisa kuliah gratis. Wkakakakakak…….. kidding )
    7. Investasi Asuransi & kesehatan : 100.000, – ( penting kalo ada yang sakit :P, syukur g ada yang kenapa2 nanti bisa buat beli mobil akhirnya šŸ˜› )
    8. Investasi, Cadangan dan Tabungan Lain : 250.000,-
    9. Transport, Jalan2, entertaiment dll : 350.000,-

    TOTAL 1.750.000,-

    menurut analisis keuangan, biaya kontrakan emang memakan porsi paling besar. sebaiknya kalo gaji dah 2 jutaan mending ambil KPR buat kredit rumah. Soalnya harga rumah semakin gila aja. 4 tahun bisa naik 2 kali lipat.

    he.he.he (^_^)v

    • Juli 22, 2010 pukul 6:29 am

      wow mantep juga perhitungannya.. aspek asuransi juga sepertinya penting dan juga untuk kebutuhan si anak..

      Kredit rumah?? hmm boleh juga dibandingkan dengan kontrak ya..

  2. Juli 22, 2010 pukul 3:06 pm

    wah bgs bgt perhitungannya

    gue gak terpikir sampe sedetil ini karna gue blm nikah lagi…
    tapi kita harus yakin bahwa dengan menikah semua urusan akan Allah mudahkan asalkan mau berusaha…yakinlah teman

  3. Asmi
    Maret 16, 2012 pukul 1:08 pm

    betul…. betul….. betul…. rencanain dulu, jgn ketakutan dulu. kalau ada kemauan pasti ada jalan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: