Beranda > Logika > Tes Logika 4

Tes Logika 4

Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1 dan berdentang 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12.

Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik.

Pertanyaan : Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6?

Silahkan tes logika anda dengan tes logika yang lain di Kumpulan Tes Logika

Jawabannya dapat dilihat di Jawaban Tes Logika

  1. Teddy
    Mei 31, 2010 pukul 8:26 am

    7,5 detik. Rumusnya :
    1,5 x (n-1)πŸ˜€

    • Mei 31, 2010 pukul 9:21 am

      hehe.. thanks udah jawab..πŸ˜€

      silahkan yang lain..

  2. Ivano
    Mei 31, 2010 pukul 10:06 am

    15 detik..!
    betoel..?πŸ˜€

    • Mei 31, 2010 pukul 10:56 am

      wah kk ivan merendah nih kayaknya..πŸ˜€

  3. AS4
    Oktober 15, 2010 pukul 7:10 am

    yaaaaaaaaaaaaaaaa 6 detik lah……πŸ™‚

    • Oktober 19, 2010 pukul 1:20 am

      jawaban yang bener 1,5 x (n-1) detik.

      • adrian
        Juni 13, 2012 pukul 10:13 am

        satu kali dentang mmang brpa detik ya?

  4. ira
    Oktober 20, 2010 pukul 11:49 pm

    6 detikk/…

    • Januari 9, 2011 pukul 1:18 pm

      standartnya emang orang akan menjawab 6 detik

  5. Fitria
    November 19, 2010 pukul 7:08 am

    Koq rumusx pake 1,5x(n-1) knp ya ka???

    • Januari 9, 2011 pukul 1:21 pm

      penjelasannya seperti ini : di soal dikatakan bahwa pada jam berdentang 1 kali, jam 2 dua kali, dst..

      nah pas jam 3 dia butuh waktu 3 detik.. nah kita analisa, berdentang 3 kali butuh 3 detik..

      ting jeda ting jeda ting.. sebenernya ada 2 ruang kosong… sehingga jeda itulah yang dipake.. nah berarti 1 jeda itu 1.5 detik..

      makanya kalau jam 6 berarti 1.5 * 6 = 7.5 detik.. gitu..

  6. Azwar
    Desember 10, 2010 pukul 2:41 pm

    Jadi klo pada jam 1 dmana dy berdentang 1x maka membutuhkn wktu 0 dtk jka pke rumus tsb,ya kn?

    • Januari 9, 2011 pukul 1:24 pm

      betul juga ya.. tergantung dari sudut pandang kita melihat sih, kalau kita anggap waktu bunyi ting itu dianggap 0 detik karena mungkin terlalu kecilnya..
      hehe.. jawaban anda sangat kritis ..

  7. shaefacode
    Januari 9, 2011 pukul 3:21 am

    1,5 dari mana mas ?

    hehe..

  8. detect_ive
    Maret 9, 2011 pukul 11:38 pm

    ting jeda ting jeda TING..
    ting yg terakhir cman b’dentang selama 0 detik??
    tolong penjelasan di email..
    ..
    Thanks

    • Maret 10, 2011 pukul 1:20 am

      di sini sudah saya jelaskan..

      https://aliongz.wordpress.com/2010/05/31/tes-logika-4/#comment-1073

      kita hitung dari jedanya bro..

      • detect_ive
        Maret 10, 2011 pukul 1:46 am

        ya ini menanggapi dari prtanyaan azwar,
        masalahnya kalo jam 1,cuma berdentang 0 detik..
        bukannya dentangan itu juga punya durasi..
        misal,
        ting 1 detik,
        jeda
        ting lagi,
        jeda
        ting lagi..
        dan sepertinya dari ‘ting’ itu sendiri juga harus diperhitungkan durasinya..
        ..
        bisa saja begini (untuk dentangan jam 3):
        ting 0,6 detik
        jeda 0,6 detik
        ting 0,6 detik
        jeda 0,6 detik
        ting 0,6 detik
        total = 3 detik..
        jadi, rumusnya 0,6*(2n-1)..
        ..
        menurut saya begitu,
        mohon pencerahan..
        ..
        Thanks

      • Maret 10, 2011 pukul 2:09 am

        Hmm, wah bener juga bro.. tapi kalau yang aku baca dulu solusi jawabannya seperti itu..

        hmm baiklah, kita asumsikan durasi ting adalah x, dan durasi jeda adalah y.. maka pada jam 3 => 3x + 2y = 3

        kalau pada jam 6 => 6x + 5y = 2(3x + 2y) + y
        jadi kalau jam 6 adalah 2 (3) + y, kesimpulannya pada jam 6, dia butuh waktu 6 detik + y (durasi jeda)..

        jika x = 0, maka 3(0) + 2y = 3, jadi y = 1.5, diasumsikan ting nya 0 detik, meskipun ini mustahil, setidaknya butuh waktu

        jika y = 0, maka 3x + 2(0) = 3, jadi x = 1, diasumsikan ga ada jeda, ini juga aneh, namanya berdenting, dibutuhkan jeda..

        jadi jawaban fixed nya adalah lebih dari 6 detik tapi kurang dari 7,5 detik..πŸ˜€

      • detect_ive
        Maret 10, 2011 pukul 2:32 am

        Setiawan :
        Hmm, wah bener juga bro.. tapi kalau yang aku baca dulu solusi jawabannya seperti itu..
        hmm baiklah, kita asumsikan durasi ting adalah x, dan durasi jeda adalah y.. maka pada jam 3 => 3x + 2y = 3
        kalau pada jam 6 => 6x + 5y = 2(3x + 2y) + y
        jadi kalau jam 6 adalah 2 (3) + y, kesimpulannya pada jam 6, dia butuh waktu 6 detik + y (durasi jeda)..
        jika x = 0, maka 3(0) + 2y = 3, jadi y = 1.5, diasumsikan ting nya 0 detik, meskipun ini mustahil, setidaknya butuh waktu
        jika y = 0, maka 3x + 2(0) = 3, jadi x = 1, diasumsikan ga ada jeda, ini juga aneh, namanya berdenting, dibutuhkan jeda..
        jadi jawaban fixed nya adalah lebih dari 6 detik tapi kurang dari 7,5 detik..

        like this..
        mungkin bisa ditambahkan di soal saja, Bro..
        kalo jam tersebut memiliki durasi dentangan x detik..
        ato soalnya agak diubah dikit biar jelas..
        ..
        nice share, Bro..
        Thanks

  9. t-dy
    Maret 10, 2011 pukul 2:33 am

    Kalau dalam kasusnya mau memperhitungkan durasi dentangan, maksudnya durasi dentangan itu gema perpanjangan atau titik saat dentangan dibunyikan? kalau yang dimaksud gemanya, berarti jeda malah tidak perlu dihitung karna biasanya jam dinding berdentang lagi sebelum gemanya habis.
    teng..(gema..)teng..(gema..)teng..(gema…)
    Kalau seperti ini berarti 6 detik lebih dikit karna menunggu gema yang terakhir habis.

    Tapi kalo titik saat dentangan dibunyikan, biasanya diasumsikan 0 karna waktunya yang sangat singkat (< 0.5s).
    Kalau menggunakan asumsi ini berarti tetap 7.5 detik.

    Tergantung asumsi kita yang manaπŸ˜€

    • Maret 10, 2011 pukul 3:04 am

      Oke Ted, intinya tergantung dari asumsinya.πŸ˜€ tapi penjelasanku di atas bisa diterima kan?πŸ˜€

  10. candra
    Juli 11, 2011 pukul 4:51 pm

    tetap 3 detik bos,..karena tiap dentangan 3 detik karena klo tiap dentangan 1detik kecepetan bos…artinya jam 1, 1 dentangan 3 detik, jam 2, 2 dentangan tiap 3 detik, klo jam 6, 6 dentangan tiap 3 detik..jam 3 menunjukkan pasti 3 dentangan tiap dentangan 3 detik…he3X

  11. Black Crosshair
    September 25, 2011 pukul 11:27 am

    Kesimpulannya beli aja jam dinding biasa, biar gak ribet.πŸ˜›

  12. Jacky
    Desember 21, 2011 pukul 1:40 pm

    Ini mah jawabannya 6,6.. dapet dari 0,6 x (2n-1)

    kita ambil rata-rata aja

    Ting jeda ting jeda ting = 3 detik

    jadi 1/5 x 3 = 3/5 = 0.6 setiap ting atau jeda

    Jadi ya kalau jam 6 = 6 ting + 5 jeda = 11

    jadi 11 x 0.6 = 6,6 detik..

  13. renaldi
    Desember 28, 2011 pukul 12:32 pm

    6 detik

  14. Januari 17, 2012 pukul 11:19 am

    yang benr tu 21 karna:
    jam 1 = 1x
    jam 2 = 2x
    jam 3 = 3x
    jam 4 = 4x
    jam 5 = 5x
    jam 6 = 6x
    jadi,waktu yang di perlukan adlh=1x+2x+3x+4x+5x+6X=21 x

  15. April 17, 2012 pukul 9:09 am

    ehmmm kykx gni dech:
    7,5 detik. Rumusx :
    1,5 x (n-1)
    gampang az koqq….

  16. arul
    November 11, 2012 pukul 7:45 am

    ehhh ,riibeett amat hidup lo padee

  17. Juli 27, 2013 pukul 6:49 am

    3 detik

  18. Desember 27, 2014 pukul 1:36 pm

    6 detik dongg…….. hehehehehe!!!!!!!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: