Beranda > Info, Linux, News > Linux Mint 9 crash dengan Video Driver ATI dan NVidia

Linux Mint 9 crash dengan Video Driver ATI dan NVidia

Dengan bersemangat, aku upgrade Helenaku (Linux Mint 8 ) dengan adiknya yang baru lahir yaitu Isadora (Linux Mint 9), overall Linux Mint 9 “Isadora” lebih bagus dari Linux Mint 8 “Helena”. Tampilannya lebih cantik, first impressionnya keren deh pokoknya.

Perbedaan yang kulihat, Software manager di Isadora berbeda dengan Helena, Firefox 3.6.3 langsung terinstall, Compiz juga. Nah, lagi seneng2nya, aku mau jalanin compiz (yang extra) ga bisa, karena aku belum install driver VGA ku. Ok deh, aku install. Setelah selesai install, aku restart Isadoraku.

Jreng.. Booting berhasil, tapi logo booting ga ada. Lalu pas masuk terang banget, mau aku kecilin brightness nya ga bisa. Ada pengaturannya, tapi tidak berfungsi. Waduh, kenapa ya ini??

Lalu aku googling, ternyata, issue ini sudah banyak beredar, bahwa Ubuntu Lucid Lynx masih kurang sempurna, dan banyak masalah. Di berbagai forum linux internasional, termasuk forum linux mint sendiri mengatakan bahwa untuk video driver untuk ATI dan NVidia masih belum fully support untuk Linux Mint 9 ini.

Akhirnya dengan berat hati, kuakhiri perselingkuhanku dengan Isadora, mencoba setia kembali ke Helena. 🙂

  1. dekil
    Mei 26, 2010 pukul 3:58 am

    senasib boss

    cuman saya masih mencoba bertahan dengan isadora ^^

    • Mei 27, 2010 pukul 3:47 am

      yahhh, saya udah balik pada helena.. emang keren sih tampilannya isadora, lebih elegan aja mint ini.. hehe..

      ntar deh kalau di forum ada penyelesaiannya, aku mau coba install lagi isadora..

  2. Hendri
    Juni 1, 2010 pukul 4:30 am

    kok bisa masalah gitu seh gan ? prasaan di laptopku baek2 aja kok diinstalin isadora, mungkin agan aliong aja yang beda dunia sama isadora, kan lagunya gini “Isadora adalah…kisah cinta 2 dunia….”
    wkwkwkwkwk……

    • Juni 1, 2010 pukul 4:53 am

      wew. agan hendri kan pakenya intel GMA sedangkan ane kan pake ATI gan. jadi beda dong gan. 😀

  3. chaz
    Juli 19, 2010 pukul 3:43 am

    gimana cara intall driver nvidia di isadora?
    aku dah donlod drivernya dari nvidia untuk linux 64 bit karna aku pake intel e2160.
    aku dah coba pake cara ubuntu, kok gak jalan perintah /etc/init.d/gdm stop
    mohon pencerahannya,..

    • Juli 19, 2010 pukul 7:23 am

      filenya berupa ekstensi deb ya, kalau itu tinggal didouble klik aja, atau menggunakan software manager yang terdapat pada isadora..

  4. September 4, 2010 pukul 10:13 am

    nasib ane sama ama gan chaz…driver nvidia g bs di instal, ane jg oke cara ubuntu, n ekstensinya bukan .deb, tapi .run, n setahu ane lho download lgsung dr nvidia, ekstensi wat ubuntu ya .run, cm masalahnya waktu stop gdm ko g bs login

    • September 4, 2010 pukul 2:37 pm

      agak bingung saya sebenarnya karena setelah saya instal dari ATI (saya pake ATI), itu langsung terinstal, lalu bermasalah dengan power management..

  5. November 20, 2010 pukul 10:33 am

    bung, saya coba update isadora,

    sudo apt-get update

    tapi selalu gagal, kenapa ya? katanya server unreachable atau apa gitu, lupa 😦

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

