Beranda > Linux > Anti Virus di Linux

Anti Virus di Linux

Hmm, kenapa anda menggunakan linux?? Mungkin salah satu jawabannya adalah karena anda tak ingin berurusan dengan yang namanya virus. Lalu, kenapa kita harus menginstal anti virus kalau linux kebal dengan virus. Mungkin jawabannya adalah karena biasanya orang yang menggunakan linux, biasanya juga menginstal sistem operasi windows yang terkenal dengan rentannya terhadap virus.

Kali ini saya ingin sharing, anti virus yang saya instal di Linux saya (Mint Helena) yaitu Clam AV. Pengguna ubuntu based, dapat menggunakan perintah sudo apt-get install clamav. Jika tidak bisa, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Jika sudah terinstal, untuk melakukan scan, misalnya kita ingin scan yang ada di flashdisk kita.

Cukup ketikkan perintah clamscan /media/Setiawan/game.exe di terminal, perintah ini digunakan untuk scan file game.exe yang ada di flashdisk saya (kebetulan, saya mount di /media/Setiawan,  cara mount flashdisk bisa dilihat di sini).

Jika ingin scan keseluruhan, maka gunakan perintah clamscan -r /media/Setiawan di terminal, perintah ini digunakan agar semua file di scan secara rekursif. Tunggu sampai proses scan selesai. Dan sekarang flashdisk kamu sudah terbebas dari virus. Kira-kira, jika sudah selesai akan seperti ini.

  1. Mei 20, 2010 pukul 6:29 pm

    postingannya sangat informatif bro,…Thanks

    Bandwidth Telkomsel Unlimited

    • Mei 21, 2010 pukul 2:48 am

      wah thanks banget bro.. saya sudah kunjungan balik.. hehe.. sukses ya bro..

  2. Mei 22, 2010 pukul 8:53 am

    kalo saya pake clamtk 4.08. tampilan nggak hitem Putih (terminal). walo terminal lebih ringan

    • Mei 22, 2010 pukul 2:28 pm

      wah udah GUI ya bro.. hehe.. aku masih pake yang ini nih..

  3. April 10, 2011 pukul 7:54 am

    wah..hebat ni tutorialnya. makasih mas udah dpaet solusinya..^_^

    • April 11, 2011 pukul 1:34 am

      yuhuu.. terima kasih kembali..

  4. ririn adyus
    Oktober 22, 2011 pukul 4:03 am

    kalo di flash nya ada isi yang laen gimana kak ???
    kan gak musti game…

    • Oktober 22, 2011 pukul 5:00 pm

      pake ini ada ririn : clamscan -r /media/Setiawan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

