Beranda > Logika > Tes Logika 2

Tes Logika 2

Seseorang telah menemukan mayat nahkoda A dan anaknya yakni B. Ayah tertembak di dada dan si anak di punggungnya. Mungkin keduanya mati pada saat itu juga.

Senapan bila di tembakkan dari jarak dekat seperti misalnya bila seseorang menembak dirinya sendiri akan meninggalkan bekas-bekas hitam pada kulit atau pakaian, bahkan bisa membakar.

Tembakan yang dilepaskan dari jarak jauh tidak akan meninggalkan bekas demikian. Kedua mayat itu ditemukan di tengah ruangan yang dipergunakan untuk latihan membidik. Lantainya tertutup dengan pasir lembap sehingga setiap jejak tampak nyata dan jelas.

Dalam ruangan tersebut hanya tampak dua pasang jejak kaki. Apabila ada orang ketiga di luar ruangan itu, maka akan mungkinkah baginya untuk menembak ke segala jurusan dalam ruangan itu. Tetapi lantai ruangan itu tak memungkinkan tampaknya bekas jejak kaki.

Di bawah mayat nahkoda A ditemukan sebuah senapan, pada B tidak terdapat senapan. Bagian-bagian yang ditembus peluru pada pakaian kedua mayat itu menunjukkan bekas-bekas hitam dan kainnya agak hangus. Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri.

Tetapi, sebagian orang menduga bahwa si B diam-diam memusuhi ayahnya dan berharap akan mewarisi kekayaan bila ayahnya meninggal dunia.

Pertanyaannya : apa yang menyebabkan kematian si B?

a. Pembunuhan yang disengaja
b. Kecelakaan
c. Bunuh diri
d. Membela diri

Silahkan tes logika anda dengan tes logika yang lain di Kumpulan Tes Logika

Jawabannya dapat dilihat di Jawaban Tes Logika

Iklan
  1. dedesobari
    Mei 18, 2010 pukul 7:04 pm

    Waddduh jd binun,hehe

    • Mei 19, 2010 pukul 12:52 am

      wahaha.. jangan bingung atuh.. πŸ™‚

    • Juli 5, 2012 pukul 9:21 am

      menurut saya itu suatu percobaan pembunuhan yang dilakukan sia anak lalu ayahnya membela diri dan tidak sengaja membunuh sang anak karena sang ayah merasa bersalah kemudian ia menembak dirinya sendiri karena aneh bila sang anak yang bunuh diri dan luka tembaknya di punggung ,,,

      • November 15, 2012 pukul 5:51 pm

        bagaimana sang ayah bunuh diri dengan senjata senapan dan menembak dadanya sendiri

        anda pasti tau jenis senapan adalah jenis senjata laras panjang

        jadi bagaimana cara menembakan senjata yg panajang untuk menembak dada sendiri…………

  2. antony
    Mei 19, 2010 pukul 3:13 am

    gampang koh…..
    bunuh diri……

    • Mei 19, 2010 pukul 3:27 am

      wah ga ada alasannya.. darimana coba kok bisa bunuh diri (aku tidak membenarkan juga tidak menyalahkan).. πŸ™‚

  3. blue_reinz
    Mei 19, 2010 pukul 3:49 am

    kecelakaan….

    • Mei 19, 2010 pukul 4:04 am

      kok bisa?? hehe.. alasannya??

      • blue_reinz
        Mei 19, 2010 pukul 4:12 am

        sebenere sih teka teki e ada yg kurang jelas, misal brp kali senapan itu ditembakkan, trus jarak kedua mayat…
        klo alasan kecelakaan sih karena keterangan si ayah nda mungkin menembak anaknya sendiri, kecuali kalo itu kecelakaan… tapi jg agak aneh karena di baju masing2 ada bekas hangus, yg berarti si anak ditembak dr jarak dekat…

      • Mei 19, 2010 pukul 4:31 am

        wah thanks sudah memberi alasannya..

        silahkan cek email ya bro.. sudah saya email barusan jawabannya..

        πŸ™‚

  4. blue_reinz
    Mei 19, 2010 pukul 4:48 am

    hahahahah…
    sip2….
    thx jg…

    • aray
      Januari 14, 2016 pukul 10:19 am

      mas jawabannya gimana nih?

  5. Teddy
    Mei 19, 2010 pukul 5:52 am

    Coba jawab ah… Ini hipotesisku :
    Bunuh diri tidak mungkin karena senapan ada di A, bukan di B. Membela diri juga tidak mungkin karena tidak mungkin ada mati karena membela diri, adanya mati karena membela orang lain.
    Brarti kemungkinan jawaban tinggal dibunuh dan kecelakaan. Kemungkinan kecelakaan sangat kecil dalam posisi seperti itu, kecuali posisi mereka saling beradu punggung dan ketika A bunuh diri B ikut tertembak. Sebelumnya dikatakan bahwa “Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya”, tetapi tidak dijelaskan apakah B adalah SATU-SATUNYA anak dari A, bisa saja A masih memiliki anak yang lain dan bukan B yang dimaksud. Jadi kemungkinan paling besar adalah Pembunuhan yang disengaja.

    IMHO…hehehe…

    • Mei 19, 2010 pukul 6:20 am

      wah thanks udah memberi alasannya..

      cek email ya ted, udah aku email barusan.. πŸ™‚

  6. Teddy
    Mei 19, 2010 pukul 7:22 am

    Kemudian ini dugaan motif pembunuhan yang memperkuat hipotesisku diatas :
    Sudah disebutkan bahwa “Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya”, dan seperti yang kutulis diatas, ada kemungkinan B BUKAN SATU-SATUNYA anak dari A dan kemungkinan yang dikasihi A adalah anak yang satunya (sebut saja C), bukan B. Bisa jadi B iri terhadap saudaranya tersebut karena A mengasihi C, dan B juga khawatir warisan ayahnya jatuh semua kepada C (diatas jg disebutkan bahwa B mengincar warisan ayahnya). Oleh karena itu, B berencana untuk menghabisi C. Namun rencana busuk B diketahui oleh ayahnya dan ayahnya tidak akan membiarkan B membunuh anak yang dikasihinya. Kemudian A berusaha membunuh B sebelum dia menghabisi saudaranya. Namun dilema juga baginya karena bagaimanapun B adalah anaknya sendiri. Oleh karena itu setelah membunuh B dengan menembak punggungnya, A bunuh diri dengan menembak dadanya. Hal ini terbukti dari bekas hitam di KEDUA mayat tersebut. Seandainya kematian B terjadi karena Kecelakaan dalam posisi punggung beradu, maka bekas hitam dan gosong hanya ada pada A, sedangkan B tidak.

    Tapi ini hanya kemungkinan yang terpikir olehku saja…hehehe…

    • Mei 19, 2010 pukul 7:44 am

      pujian sudah dikirim ke email.. thanks ya.. πŸ™‚

      • Teddy
        Mei 19, 2010 pukul 7:50 am

        wkwkwkwk…

      • Agustus 14, 2012 pukul 4:37 am

        Menurut gw neeh …..
        jawaban : Kecelakaan
        sebab,,,,,,,,anaknya (B) ingin membunuh ayahnya (A) tetapi ayahnya (A)memegang pistol yg ad pada anaknya tsb lalu karna saling berlawanan maka tertembaklah si B tanpa disengaja…….. lalu si A bunuh diri karna telah membunuh anaknya (B) .,,,,,trim’s (di atas dikatakan ada yg menduga B ingin mewarisi kekayaan ayahnya setelah ayahnya meninggal + ayahnya sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, “meskipun untuk membela diri”. berarti dia telah membela diri supaya tidak terbunuh , lalu dia bunuh diri)

        sekian nalar saya trim’s

  7. litan
    Mei 19, 2010 pukul 1:20 pm

    pemubunuhan yang di sengaja…
    Alasan:ada kemungkinan A mempunyai anak lain selain B,dan si A sangat menyayangi anak yang satunya lagi.
    sehinggs A membunuh B agar smua harta warisannya jatuh k tangan anak yang satunya.Lalu A bunuh diri,,..

    • Mei 19, 2010 pukul 2:55 pm

      masuk akal juga.. thanks ya tan.. πŸ™‚

  8. Mei 20, 2010 pukul 4:11 pm

    kecelakaan..

    “Kedua mayat itu ditemukan di tengah ruangan yang dipergunakan untuk latihan membidik.”

    anak mau lindungin bapak e..

    makanya anak e kena punggung, bapake di dada.

    tembus mungkin dr punggung anake ke dada bapake..

    πŸ˜€

    • Mei 21, 2010 pukul 2:51 am

      nah bisa juga karena kecelakaan karena ada kata2 “tempat yang dipergunakan untuk latihan membidik”.. nice share tur.. πŸ™‚

  9. Mei 21, 2010 pukul 4:55 am

    dadi jawaban e opo toh?

    • Mei 21, 2010 pukul 5:09 am

      itu udah ada di comment sebelumnya.. hehe..

      ada 2 jawaban yaitu : bisa kecelakaan dan pembunuhan disengaja.. πŸ™‚

      *kalau soalnya diganti, B adalah anak satu2nya (ga kepikiran awalnya kalau kata2 ini berpengaruh, haha), maka jawabannya adalah kecelakaan.. πŸ™‚

  10. Teddy
    Mei 24, 2010 pukul 2:19 pm

    Nek ada soal laen dishare lagi dunk wan πŸ˜€

    • Mei 24, 2010 pukul 2:27 pm

      sip2.. nanti pas searching2, kalau ada, aku share lagi..

  11. mudori
    Juni 22, 2010 pukul 11:09 am

    Pembunuhan yang di sengaja.

    Karena bisa saja si A mempunyai anak yang lain.

    Bener gak Boz….

    πŸ˜€

    • Juni 22, 2010 pukul 12:26 pm

      yuhuu.. πŸ˜€

      • mudori
        Juni 23, 2010 pukul 2:36 am

        Jawaban yang benernya apa boz…

        Bikin penasaran aze……..

        Via E-mail yach….

        πŸ˜€

      • Juni 23, 2010 pukul 3:04 am

        ok kukirim.. πŸ˜€

      • mudori
        Juni 23, 2010 pukul 6:21 am

        sip gan…

        ditunggu Teka-teki seperti ini lagi…

        Salam Kenal Juga…

        πŸ˜€

      • Juni 23, 2010 pukul 9:30 am
  12. Jane
    September 11, 2010 pukul 5:13 pm

    Aq idem sama teddy….benar kan itu jawabannya? soalnya aku sama temanku pernah bahas teka teki ini…

  13. ira
    Oktober 21, 2010 pukul 12:23 am

    a.pembunuhan yg di sengaja

  14. ira
    Oktober 21, 2010 pukul 12:24 am

    pembunuhan yg di sengaja

  15. ira
    Oktober 21, 2010 pukul 12:50 am

    bunuhh diri

  16. marcel
    Desember 3, 2010 pukul 3:00 pm

    kecelakaan….

  17. BANTA
    Desember 12, 2010 pukul 4:04 pm

    dari cerita yang saya pahami,yaitu pada bagian “Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri.” jadi, tanpa melihat kembali akan proses insiden kematian tersebut. yaitu proses nahkoda A dan anaknya B mati. maka, saya mengambil kesimpulan bahwa kematian si B merupakan suatu KECELAKAAN. karena sifat & karakter nahkoda A yang disebutkan “sangat MENCINTAI anaknya dan ia sendiri lebih RELA MATI daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk MEMBELA DIRI.” jadi, dapat saya kemukakan bahwa nahkoda A tidak akan mungkin membunuh anaknya B (yang dikarenakan nahkoda A sangat mencintai dan rela mati untuk anaknya daripada membunuh anaknya walaupun untuk membela dirinya) melainkan ada unsur ketidak sengajaan baik itu terjadi karena reflek yang tak disadari ataupun salah membidik senapang ataupun alasan yang lainnya.

  18. Yuni
    Januari 13, 2011 pukul 6:05 am

    penasaran ma jawabanya nieh, kirim ke emial ya,,
    thanx

  19. aifah
    Januari 19, 2011 pukul 12:12 am

    trlalu bxk kmngkinan..
    Share jwabanx dunkz..

  20. Januari 19, 2011 pukul 3:49 pm

    wan, kirimin aku jawabannya ya ke email aku. ditunggu loh
    thanks

  21. doni
    Februari 1, 2011 pukul 10:04 am

    kecelakaan, karena ada tempat latihan membidik
    bener gak kirimin ke email dong

  22. sony
    Februari 5, 2011 pukul 12:14 pm

    dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa penembakan dulakukan dlm jarak dekat dan 2 orang dalam TKP.1 senapan dan 2 letusan,2 titik peluru ( punggung dan dada).
    maka dari analisa trsebut saya simpulkan bahwa ini KECELAKAAN dimana sang anak trtmbak pd punggung dan ayah di dada,disini posisi ayah membelakangi anak.
    kemungkinan adalah sang anak tnpa sngaja menembak ayah lalu panik dan anpa sengaja snapan meletus saat kepanikan itu trjadi dan secara reflek mengenai pinggangnya.
    kemungkinan lain BUNUH DIRI karena KECELAKAAN.

  23. RaVaJKS
    Maret 20, 2011 pukul 5:15 pm

    B. Kecelakaan

    Alasannya
    A. Pembunuhan yang disengaja: tdk mngkn krn Ayah mencintai anaknya.
    C. Bunuh diri: tdk mngkn jg krn senapan di temukan di mayat Ayah.
    D. Membela diri: tdk mngkn jg krn bekas tembakan si anak berada dipunggung.

    B. Kecelakaan: bisa saja terjadi krn mereka berdua berada dalam tempat latihan.

    Tolong masukannya ya om,, hihihi ^__^

  24. RaVaJKs
    Maret 21, 2011 pukul 2:43 pm

    hmm,, ad cara yg lbh cpt dn 100% memuaskn,,

    kita bikin variable dulu:
    X= 780gram (1+2+3…+12 X 10)
    Y= hasil penimbangan koin yang tlah kita kumpulkan
    Z= nomor karung yang berisi koin palsu

    oke,, skarang kita mulai langkah2nya:
    1. berikan nomor setiap karung, contoh: karung1, karung2, dan strusx,,
    2. ambil sampel koin di stiap karung sesuai nomor karungnya, Contoh: 1koin untk karung1, 2koin untk karung2, dan strusx,,,
    3. timbang semua koin yg tlah trkumpul,, nilainya jadikan sbgai nila Y.
    4. hitung X-Y=Z
    5. Z = nomor karung.
    6. jadi deh,,, hehe

    contoh:
    hasil pnjumlhn koin td adlh 779, brrti ini adlh nilai Y
    jadi X-Y=Z, mnjadi 780-779=1
    maka jwbnx adlh karung nomor 1.

    klo ada yang gk paham,,, cobalah dengn hal yang sederhana,,

    misal:
    ada 3 karung uang koin, dan salah satu dari karung tersebut berisi koin palsu semua,,, berat koin asli 10gram dan yg palsu 9gram,, nah carilah cara yg tercepat untk menemukan mana karung palsu trsebut.

    jawaban
    klo hasilx: 59gram brrti karung1, 58gram karung2, 57gram brrti karung3.

    hihihi,, mngkn sprti itu maksudnya ya om,,,

  25. RaVaJKs
    Maret 21, 2011 pukul 2:44 pm

    salah posting,,, ahahahahahaha,,, maaf ya gk sengaja,,

    • Maret 21, 2011 pukul 2:45 pm

      Hahaha gpp.. salah kamar bru.. hehe..

  26. ariq aufa
    Maret 26, 2011 pukul 8:02 am

    om jawabannya apa nihh
    jawabannya kirim ke email ya

  27. asffas
    April 4, 2011 pukul 7:52 am

    keanya sih d

  28. April 5, 2011 pukul 12:47 pm

    kl menurut ku, pembunuhan yang di sengaja, kl menurut ku si B lah yang membunuh Ayahnya krn ingin mengambil harta warisan milik ayahx, dan si B di bunuh oleh org lain bkn ayahx, krn di temukan luka tembak di punggungx, bisa saja, kluarga dr mereka dan sgt akrab dgn si B krn mengetahui niat pembunuhan yang akan di lakukan si B kepada si A, yg berniat ingin mengambil harta warisan si A, dan krn ingin mengilangkan jejak, ia menaruh senjata trsebut di tangan si Ayah, seolah2 si Ayah lah yg menembak anakx, dan seakan2 si Ayah bunuh diri, pdahal sbenarx ada pihak ketiga yg trlibat di dalamx dan kemungkin pihak ketiga trsebut menggunakan penutup tangan, supaya tdk ada bekas jarix yang ada di pistol, supaya bila di cek oleh polisi tdk di ketahu kl pembunuh sbenarx adalah pihak ke tiga ^_^

  29. w
    Mei 1, 2011 pukul 6:54 am

    a= ayah
    b=anak
    a tertembak dada
    b tertembak punggung

    1.bila tembakan dari jarak dekat akan ada bekas tanda hitam pada kulit dan pakaian .
    2.bila ditembak dari jarak jauh tidak akan ada bekas.
    3kedua mayat berada di tengah ruangan.
    4.kondisi lantai tertutup pasir lembab terlihat 2 jejak berbeda.
    5.bawah mayat a ada senapan.
    6.b tidak ada senapan.
    5.pada pakaian si dan b terdapat tanda bekas hitam agak hangus.
    7.A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri.
    -kemungkinan ditembak dari jarak dekat karna ada bekas tanda hitam agak hangus.
    -tidak ada orang ketiga dalam ruangan itu alasannya karna tidak ada jejeak berbeda selain si a dan b.

    a pembunuhsn di sengsjs +
    b kecelakaan -+
    c bunuh diri –
    d membela diri +

    kesimpulan:
    jika si b mati karna bunuh diri… sepertinya tidak mungkin karna possisi luka di punggung
    jika si b mati karna pembunuhan di sengaja…mungkin saja..tapi liat poin 7… sangat berlawanan.
    jika si b mati karna membela diri… tidak mungkin si a mau membunuh si b tanpa alasan berlawanan dengan poin 7 diatas.
    mungkin mati karna kecelakaan…
    – si b mungkin menyerang si a… dengan menodongkan pistol dari jarak dekat… ke arah dada si a.
    -mungkin kemudian dengan ke ahlian si a… dapat merebut pistol dari si b… dan menodong kan nya ke punggung si b… dan menembaknya secara tidak sengaja…dari reaksi refleksi insting… membela diri.
    -si b mati…tertembak dan si a merasa syock dan tanpa pikir panjang mati bunuh diri….

    si a mati karna bunuh diri…
    si b mati karna kecelakaan…

    pandangan pribadi dan realitasnya…

  30. Sukasir blogger sejati
    Mei 3, 2011 pukul 2:21 am

    1.A mencintai anaknya! Anak yang mana? Anak B? Atau ada yang lainnya(misal C)?

    Jika B bermusuhan dg C, karena ayah memilih C mewarisi harta, tentu saja B marah. Karena siB berambisi dapat warisan.

    Jadi siAyah membunuh B jarak dekat, agar C yg mendapat warisan.

    Setelah membunuh B dari belakang (menembak punggung), siAyah juga bunuh diri(menembak dada)
    jawaban:pembunuhan disengaja

    2. Mungkin juga sebelum mati, mereka joinan, hekekeke.
    “yah, daripada hdup yang gak enak. Mending mati” ujar siB.
    “oke, nanti aku bunuh kamu tepat di punggung, trus ayah bunuh diri, dg nembak di dada”.
    Jawaban BUNUH DIRI
    3. Mungkin ayahnya salah tembak alias KECELAKAAN, nembaknya jarak dkat dan dipunggung. Trus ayahnya bunuh diri, nembak dadanya.
    Jawaban KECELAKAAN.

    MEMBELA DIRI TIDAK MUNGKIN! Karena sianak yang berambisi mengambil warisan, harusnya sianak yang membunuh. JADI SIAYAH HARUSNYA YANG MEMBELA.

    Buat Daya ^_^. Cuma ada 2 jejak diruangan. Dan ruangan tertu2p jadi ditembak dr luar tidak mungkin.

  31. Icangs
    Mei 14, 2011 pukul 9:23 am

    Itu kecelakaan

    Gini critax,
    Si anak itu mau nyerang bapak’e
    Truz krna reflek si bapak menembakkan snapannya, kebetulan kena punggung si anak, krna si bapak tak tega membunuh anaknya, ia pun bunuh diri.

    Betul?

  32. welly
    Juli 16, 2011 pukul 2:06 pm

    pembunuhan yg di sengaja

  33. umi yara
    Juli 23, 2011 pukul 7:26 am

    kecelakaan..bapaknya ga sengaja salah tembak..trus bpk nya nyesel trus bunuh diri deh…

  34. Juli 26, 2011 pukul 9:12 pm

    waduhh pertanyaanya ko sulit bgt nglebihin soal cpns hehehe

  35. Oktober 8, 2011 pukul 6:14 am

    itu pembunuhan yang disengaja ya…

  36. deny
    November 25, 2011 pukul 7:13 am

    wow jawabanya apa nih??? binun..

  37. November 29, 2011 pukul 11:28 am

    Jawabannya : bunuh diri

    Ayah memeluk anaknya dan menembaknya dari belakang ke arah punggungnya dan proyektil peluru dari punggung menembus ke dada sang ayah.

  38. gatot
    Januari 21, 2012 pukul 12:43 pm

    jawababannya kecelakaan,

    alasannya simple, di pertanyaan itu sendiri sudah terpampang jawabannya,

  39. jhon whein
    Februari 12, 2012 pukul 5:46 am

    kk kasi jawabannya via email donk
    uda penasaran nie heheheh

  40. joe
    Februari 26, 2012 pukul 3:53 am

    jawabannya : membela diri

    sebab sang anak (B) yang menembakan kepada ayahnya (A) dengan motif warisan harat sehingga sang ayah tidak sengaja menembakan kepada anaknya
    karena di atas menyebutkan si A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya

    apapun yang terjadi bagaimanpun terjadi kasih sayang dan cinta itu lebih penting daripada sebongkah harta
    takkan ada penyesalan yang di depan mata

  41. Maret 14, 2012 pukul 2:40 am

    apa jawabannya nih? pusing.. =.=

  42. joslan
    April 19, 2012 pukul 4:07 am

    Jawabnya B

  43. Imelda Meto
    April 21, 2012 pukul 4:52 am

    bunuh diri..
    benar ngak..

  44. alsya
    Mei 1, 2012 pukul 9:35 am

    ana yakin kalo yang membunuh si B adalah si A. karena dari keterangan yang diberikan, pelaku hanya mengarah kepada satu orang, yaitu si A. keterangan yang paling menguatkan dugaan ini adalah: 1. tembakan dilakukan dari jarak dekat, sedangkan yang ada di dekat si B hanya lah si A. 2. pada TKP hanya ditemukan 1 buah senapan dan senapan tersebut berada di bawah si A.

    tapi ana gak bisa ngejawab alasan kenapa si A membunuh si B.
    Namun bung Teddy mampu menjawabnya dengan sedikit berfikir out of box. salut buat bung teddy… πŸ™‚

  45. dhani
    Mei 12, 2012 pukul 1:12 am

    bunuh diri? bener ga? jawabannya di email dong gan ke email ane

  46. Mei 12, 2012 pukul 8:39 am

    Mungkin secara tidak sengaja si A menembak si B dari belakang, dan si A menyesal lalu bunuh diri.

  47. hugans
    Juni 12, 2012 pukul 2:05 pm

    yang bunuh A adalah anaknya,, lalu karena anaknya merasa berdosa dia pun ikut bunuh diri di sebelahnya dengan sedikit memodifikasi posisi ayahnya agar senapan bisa jatuh d bawahnya,, haha..

  48. ZUL
    Juni 20, 2012 pukul 6:20 pm

    JAWABANNYA B

  49. Agustus 9, 2012 pukul 5:22 am

    penasaraan jawabannya apa yang bener…..??????????????????????? kasih tau dong jawaban yang bener *^_^*

  50. September 3, 2012 pukul 8:42 am

    Kecelakaan. . .
    mungkin mereka terlibat percekcokan yang hebat, dan tanpa sadar sang ayah menembak anaknya… kemudian bunuh diri karena sangat menyesal.

    • November 15, 2012 pukul 5:41 pm

      mana bisa menembakan senapan yang panjang bisa di gunakan sang ayah untuk bunuh diri…….

      bagaimana cara menembakan nya ke dada sendiri jika senapan adalah senjata yg panjang

  51. Abr
    September 8, 2012 pukul 2:32 pm

    Jawabannya
    C.Bunuh Diri

  52. Kiky
    September 11, 2012 pukul 7:37 am

    saya dan 2 teman sekantor berusaha bersaing memecahkan tes-tes logika. bisa diinfo jawabannya?

  53. risman
    November 14, 2012 pukul 11:44 am

    PEMBUNUHAN YG DISENGAJA, YG DILAKUKAN OLEH SI A KARENA SI A DIBUNUH OLEH SI B DENGAN JARAK YG DEKAT, KETIKA B MEMBALIK BADAN SI A TIBA – TIBA, BANGKIT DAN MEMBALAS MENEMBAK, KNP SI A TEGA MEMBUNUH SI B KARENA Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri, DISITU KIKATAKAN SENGAJA YG BERARTI KASUS NY KALAU SI AYAH MELAKUKAN PENEMBAKAN TETAPI YG MEMULAI KAN SI B JD SI A

    • November 15, 2012 pukul 5:45 pm

      bagaimana mungkin orang yang sudah tertembak di dada bisa bangkit dan menembak si B

      dan menggunakan apa si A untuk menembak si B jika kalo memang si B yg menembak terlebih dahulu berarti senjata masih ad di tangan si B,,, jadi menggunakan ap si A untuk menembak si B jika di TKP hnya di temukan satu senjata,,,,,,,,,

  54. November 15, 2012 pukul 6:07 pm

    yang membingungkan sebenarnya adalah penyebab kematian si A

    sudah jelas kematian si B di tembak oleh si A sndiri menggunakan senapan dari jarak dekat, terbukti adanya bekas luka bakar pada punggung si B…..

    mungkin dngan alasan si A mengetahui si B yg memusuhi nya dan ingin mewarisi harta nya….

    jika si B yang menembak Terlebih Dahulu,, Itu pasti terjadi pergulatan merebutkan senjata dari tangan si B,,,

    karna senjata di temukan di bawah mayat si A sedangkan di mayat si B tdak ada apa….

    jika mereka sempat bergulat untuk merebutkan senjata sudah pasti jejak kaki mereka tidak terlihat jelas,,, itu karna lantai di TKP adalah pasir yg lembab…..

    jadi sedah jelas sejak awal, senjata itu memang ada di tangan si A dan si A lah yg menembak si B dari jarak dekat menggunakan senapan……

    yg membingungkan adalah kematian si A….
    karna semua orang tau senapan adalah jenis senjata laras panjang,, jadi tidak mungkin di gunakan untuk bunuh diri

    bagaimana cara menembakan senjata yg panjang pada dadanya sendiri….

    sedangkan di dada si A juga terdapat luka bakar yg berarti luka jarak tembak yang dekat…
    namun tidak mungkin menembak diri sendiri menggunakan senjata laras panjang..

    berarti sudah jelas kematian si B adalah Pembunuhan yang di lakukan oleh si A

    namun Kematian si A masih misteri………….

  55. Desember 1, 2012 pukul 7:52 am

    mz bro kirim donk jawaban tes logika 2 ke emailku

  56. MFadhilMedha
    Desember 16, 2012 pukul 6:41 pm

    apa yang menyebabkan kematian si B?

    jawabannya adalah : A. pembunuhan yang disengaja.

    disoal “seseorang” telah menemukan mayat nahkoda A dan anaknya yakni B. Ayah tertembak di dada dan si anak di punggungnya. Mungkin keduanya mati pada saat itu juga”.

    “seseorang” itu sebut saja si C

    jawabannya simple saja:sewaktu si A lagi berlatih menembak dengan ditemani si B di tempat latihan membidik
    mungkin saja si C itu ingin mendapatkan warisan si nahkoda ( A )
    jadi si C menghampiri si (A,B) menembak dengan senapan ,

    mungkin saja si C ingin menembak anaknya (B) lalu si (A) ingin menyelamatkan anaknya tp ternyata si (A) tertembak di dadanya,dan si (B) ingin lari tetapi si C tak membiarkannya, maka si C pun menembaknya dari belakang dan tertembaklah si punggung si (A).

    walaupun di soal dikatakan “Lantainya tertutup dengan pasir lembap sehingga setiap jejak tampak nyata dan jelas.” “Dalam ruangan tersebut hanya tampak dua pasang jejak kaki. Apabila ada orang ketiga di luar ruangan itu, maka akan mungkinkah baginya untuk menembak ke segala jurusan dalam ruangan itu. Tetapi lantai ruangan itu tak memungkinkan tampaknya bekas jejak kaki.”

    nah dimanakah jejak kaki si seorang itu kalau di dalam soal hanya ada 2 pasang jejak kaki? jadi yg di maksud hanya 2 pasang kaki di soal itu hanya 2 pasan kaki A dan B dan jejak kaki si C tidak di ungkapkan di dalam soal.

    atau ungkin saja kalau memang benar jejak kaki memang ada 2 pasang termaksud jejak kaki si C ,
    bisa jadi anaknya (B) adalah anak kecil, dan si B sedang di gendong si A yg lagi berlatih membidik.
    jadi hanya 2 pasang jejak kaki itu adalah jejak kaki si A dan si C.

    mohon tanggapannya>>>
    thanks

    • benita
      Januari 26, 2013 pukul 8:16 am

      si anak adalah balita, menurut saya tidak mungkin seorang balita diasuksikan oleh orang lain akan mengambil warisan ayahnya, tapi menurut saya imaginasi anda cukup bagus, saya saja tidak kepikiran

  57. MFadhilMedha
    Desember 16, 2012 pukul 6:56 pm

    yang saya ketahui di dalam soal logika bukan hanya cuman satu jawaban di dalam satu pertanyaan, msh banyak kemungkinan2 jawaban yang lain nya, dan ada juga yg benar2 cuman ada satu jawaban.

    maka dari itu , mungkin yg kawan2 maksud itu memang benar jawaban nya tetapi si yg pembuat pertanyaan juga bisa memberi alesan yg lainnya, karna si pembuat pertanyaan punya banyak cara mengalihkan jawaban,…….mungkin πŸ˜€

  58. benita
    Januari 26, 2013 pukul 8:09 am

    karena ada kata-kata latihan kemungkinkan ini kecelakaan saat latihan

  59. Angela
    Februari 15, 2013 pukul 4:46 am

    Menurut aku sih kecelakaan, betul ga?

  60. Tarawiyah
    Juli 21, 2013 pukul 3:16 am

    Pertanyaannya:apa yg menybabkan kmatian si B? Mka jwban sderhanya adl d’tmbak oleh si A dngan jrak dkat namun krena si B brusha mNghndar maka pelurunya mengenai punggung si B.
    Untk mslah bgmana kmatian si A tdk msuk dlam pertnyaan. Btul?

  61. arradhika
    Januari 31, 2014 pukul 3:04 am

    menurut saya ini belum tentu pembunuhan karena sang ayah dan sang anak belum tentu meninggal

  62. Agustus 19, 2014 pukul 3:03 am

    tunggu drimana “seseorang” ini tau kalau 2 orang itu AYAH dan ANAK?
    darimana “seseorang” ini tau kalau sih A adalah seorang nahkoda?
    kalau menurut saya ini masih
    “motif pembunuhan yang disengaja”
    karena diceritakan di kalimat terakhir bahwa:

    “Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri”

    atau mungkin salah yah….
    cma pendapat sih gan… πŸ™‚

  63. wiwie fais
    Maret 26, 2015 pukul 2:14 am

    Menurut analisaku..
    Pertama-tama si ayah (A) menodongkan senapan ke anaknya (B) dan bertanya ke anaknya apakah benar yg di katakan org2 klo anknya menginginkan kematian ayahnya dan anak mengakui apa yg org2 blg dan ketika si anak berbalik maka si ayah merasa kesal sehingga menembak anknya di punggungnya seketika itu ayah merasa menyesal krn telah membunuh ank yg ia sayangi maka ia pun bunuh diri dengan menembakkan dadanya sendiri tapi yg menembakkan dada sendiri gimana ya? Setahu sy senapan itu panjang atau ada yg pendek ya??

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: