Beranda > Java, Linux, MySQL > Program Java + MySQL Error di Linux

Program Java + MySQL Error di Linux

Ketika saya ingin menjalankan program yang biasanya lancar saya jalankan di Windows, dan tiba-tiba saya ingin menjalankannya di linux, tiba-tiba error. Program yang ingin saya jalankan adalah program berbasis Java dan MySQL. Saya sudah menginstall MySQL di linux saya, tapi tetap saja error. Errornya seperti ini : com.mysql.jdbc.exceptions.jdbc4.CommunicationsException: Communications link failure.

Saya kebingungan kenapa bisa begini, pertama saya pikir MySQL connectornya yang salah, saya sudah coba download yang baru, dan saya integrasikan, tapi tetap saja tidak bisa. Nah, kemudian saya coba masuk ke konfigurasi MySQL saya.

sudo gedit /etc/mysql/my.cnf

Saya coba cari port nya, apakah bukan 3306, karena di JDBC saya pake 3306, ternyata sudah benar. Lalu saya menemukan keanehan, yup bind-address nya bukan 127.0.0.1, pantas saja gagal, lalu saya ganti bind-addressnya menjadi 127.0.0.1.  Lalu saya coba jalankan dengan java -jar nama_aplikasi.jar, ternyata masih sama.

Eits, ada yang kelupaan, saya belum restart MySQL nya, hehe..

sudo /etc/init.d/mysql restart

lalu jalankan java -jar nama_aplikasi.jar beres deh 🙂

  1. babaenciel
    Mei 6, 2011 pukul 6:11 pm

    wahhahaha.. nice sekali mas.
    saya dari tadi bingung. padahal udah bener konfigurasinya.
    ternyata tinggal direstart aja to mysql nya. hahahahah
    thx berat mas

    • Mei 11, 2011 pukul 1:21 am

      yuhuu.. ya aku ikut senang kalau artikel ini bisa membantu.. 😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

