Beranda > Others > Kampus Nyaman, Hatiku Senang

Kampus Nyaman, Hatiku Senang

Banyak faktor mengapa kebanyakan mahasiswa-mahasiswa sekarang lebih memilih pusat-pusat hiburan seperti game center atau mall daripada harus mengikuti pelajaran di kampus. Tidak bisa dipungkiri, alasan manusianya sendiri menjadi faktor utama dalam hal tersebut. Namun, jika kita terus saja menyalahkan manusianya, maka ya begitu-begitu saja tanpa menuju ke arah yang lebih baik.

Menurut pengalaman saya dulu sebagai salah satu mahasiswa di sebuah universitas swasta di Yogyakarta, tidak hanya faktor manusia yang paling berpengaruh, dibutuhkan sebuah sinergi antara mahasiswa tersebut dengan kampus sehingga terciptalah suasana kampus yang nyaman.

Di kota Yogyakarta sendiri, terdapat beberapa Perguruan Tinggi Terbaik, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Atmajaya Yogyakarta, dan Universitas Duta Wacana Yogyakarta. Masing-masing dari perguruan tinggi tersebut pastilah berupaya menjadi Perguruan Tinggi Idaman bagi masyarakat seluruh Indonesia, agar mau mendaftarkan putra-putri mereka ke perguruan tinggi tersebut.

Sebagai orang yang pernah merasakan bangku kuliah, saya ingin membagikan tips bagi perguruan-perguruan tinggi yang ada di Indonesia agar menjadikan perguruan tingginya menjadi Perguruan Tinggi Favorit Indonesia.

Pertama, ciptakanlah lingkungan yang bersih.

Sepintas hal ini terlihat sepele, namun pada dasarnya sifat dasar manusia itu suka dengan kebersihan. Jika tatanan kampus berantakan, bagaimana bisa mahasiswa betah di kampus.

Kedua, dosen harus mengerti.

Nah khusus buat para dosen, saya hanya menyarankan agar sebelum mengajar alangkah lebih baik, jika materi telah dipersiapkan, dipelajari, dan dimengerti terlebih dahulu. Dosen yang datang ke kelas hanya modal gelar sarjana kebanggaannya dan hanya modal pandai berbicara dapat membuat mahasiswa merasa enggan dan malas untuk masuk kuliah di pertemuan berikutnya.

Ketiga, dosen berperan penting, ciptakan humor.

Lagi-lagi, kata dosen muncul. Faktanya memang demikian, mahasiswa agar merasa lebih nyaman jika dosen akrab dengan mahasiswanya, terkadang menyampaikan materi kuliah dengan sedikit humor akan membuat mahasiswa merindukan masuk ke dalam tersebut. Tapi perlu diingat, jika lebih dari 50% adalah humor, lalu dimana ilmu yang didapat, tujuan kita kuliah adalah untuk menimba ilmu.

Last, but not least.. Fasilitas dan atau Teknologi..

Yup, fasilitas kampus haruslah memadai dan jika memungkinkan mengikuti perkembangan jaman. Fasilitas apa aja yang harus ada di kampus? Yang jelas fasilitas seperti toilet, kantin, tempat ibadah, perpustakaan itu harus ada. Nah selain itu semua, tambahkan teknologi di dalam kampus. Contohnya Lab Komputer Bebas yang bisa dipakai mahasiswa untuk mengakses internet, Jaringan Wi-Fi kampus yang terkoneksi internet.

Faktanya, kampus yang memiliki fasilitas internet akan lebih disukai mahasiswanya, biasanya mahasiswa lebih suka menikmati internet gratis di kampusnya daripada harus ke warnet dengan mengeluarkan uang.

Jika kampus nyaman, maka hatiku senang. πŸ™‚

Artikel ini ditulis untuk mengikuti Lomba Blog UII.

  1. April 30, 2010 pukul 3:58 am

    Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

    • April 30, 2010 pukul 8:54 am

      Thanks ya.. πŸ™‚

  2. April 30, 2010 pukul 7:28 am

    GoooooooooooooooooooooD

    • April 30, 2010 pukul 9:12 am

      Thanks.. Salam kenal.. πŸ™‚

  3. Mei 1, 2010 pukul 6:35 am

    salam kenal,
    semoga sukses di lomba ini bro,

    salam.

    • Mei 1, 2010 pukul 9:39 am

      Semoga sukses buat Bapak juga πŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: