Beranda > Curhat Gue > Gara-gara handphone

Gara-gara handphone

Siang ini saya mengajar mata kuliah praktikum Pemograman Berorientasi Objek. Teman saya (Nana) yang bertugas membuat pretes. Ada satu soal yang membuat kami sedikit berdebat, yaitu mengenai sebutkan 4 atribut pada handphone.

Ketika ada yang menjawab “layar”, oleh Nana disalahkan. Tapi menurut saya benar. Fiuh..

Terjadi perdebatan panjang, hingga seorang veteran UKDW (Hernawan) yang sedang merevisi TA nya di lab bersama kami yang duduk di belakang, dimintai pendapat, sehingga sedikit mengganggu konsentrasi mengerjakan revisi TA nya..

Menurut saya, layar adalah atribut dari sebuah handphone, karena kalau di coding, pasti class handphone punya atribut layar, selain merk dan warna atau lainnya.

Menurut nana, layar bukan atribut handphone karena bagi nana, atribut haruslah tipe primitif, ga boleh objek, hmm atau begitulah kira2… karena menurut dia, kalau layar itu ga bisa ada value nya..

Nah, menurut kata wawan, dia bingung hahaha..

Nah, mungkin para master OOP bisa membantu memecahkan masalah kami… Thanks…

Kategori:Curhat Gue
  1. xand3r
    September 8, 2009 pukul 11:34 am

    wkwkwk.. njuk piye?
    nek digawe boolean njuk isine isa true or false.. dadi nek false, ra ana layar e.. wkwkwkwk.. sangar..

    nek dia objek malah lebih apik.. jadi ada resolusi, ukuran, dll.. gitu..

    itu sih masalah selera nek mnurutku.. tergantung meh bikin objek e kayak piye.. lebih rinci emang lebih bagus.. tapi jg lebih ribet..

    pilih sesuka hati wae.. hohoho

  2. cunk
    September 8, 2009 pukul 11:39 am

    bener wawan…aku bingung.piye nek takon ning sony ericsson sik?ben pasti…kan yo nganggo java.wkwkwkwk

  3. Setiawan
    September 8, 2009 pukul 11:41 am

    lha berarti mahasiswa yang jawab layar, dibenerin atau disalahkan..

    wakakakak..

  4. wilbertliu
    September 8, 2009 pukul 11:48 am

    Klarifikasi :
    Atribut tidak harus primitif,
    bisa saja objek..

    Jadi kalau mau punya atribut layar
    juga bisa dijadikan objek yang punya atribut panjang dan lebar..
    atau kalau mau dibuat boolean seperti yang dikatakan kk di atas juga bisa..

    IMHO, soal seperti ini sepertinya
    tidak bagus untuk dijadikan pre-test..

    Karena pre-test di setiap pertanyaannya menentukan apakah jawaban mahasiswa benar atau salah, sedangkan memilih apakah layar bisa dijadikan atribut atau tidak bukan masalah benar atau salah, tetapi itu terserah kepada designer objeknya..🙂
    yang ada hanyalah tepat atau tidak tepat, tetapi tidak salah..🙂

    Regards..🙂

  5. Setiawan
    September 8, 2009 pukul 11:51 am

    Ya, sebelumnya nana yakin kalau itu bukan atribut, jadi dia berani jadikan itu pretes.

    hehe.. kalau aku yang buat pretes, pasti pilihan ganda aja, biar ga rancu.. mungkin tambah 1, coding..

    o ya kk wil, udah dibuat rekap asistennya..

    hehe..

  6. wilbertliu
    September 8, 2009 pukul 11:56 am

    Lhooo… hehehe…

    Wow.., mau dapet gaji minggu
    ini atau bulan depan sekalian?
    terserah aja sih..😀 hehehe

  7. Setiawan
    September 8, 2009 pukul 2:46 pm

    Wakaka.. emang boleh po seminggu sekali, buat sangu mudik.. wakkakaka..

    ou maksudku, apakah yang ngurus itu kk wilbert, atau masing2 koordinator kelas, baru diserahkan kk wilbert, karena dua kelas yang saya ajar, belum ada yang bikin.. menunggu dari kk, mungkin.. bisa di confirm..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: