Arsip

Archive for Januari, 2009

Facebook Mobile Hadir..

Januari 25, 2009 16 komentar


fbSiapa sih yang sekarang gak tau dengan facebook.. Sebuah web social networking yang berisi berbagai macam aplikasi dan konten-konten menarik.. Bahkan, udah menjadi trend gaya hidup remaja jaman sekarang.. Jika dulu Friendster (FS) menjadi pusat perhatian bagi kawula muda untuk menjalin hubungan di dunia maya, kini nampaknya FS sudah dianggap kuno dan bukan jamannya lagi.. Kini, beralih FB alias FaceBook..

Sekilas FB menawarkan hal yang sama dengan FS, namun saat memasuki dan mengoprek-oprek di dalamnya, FB sangat berbeda dengan FS, FB terlihat lebih simple tidak seperti FS yang layoutnya terkesan rame..

Jika kamu adalah salah satu penggila FB, dan tidak mau ketinggalan mengupdate wall dan membalas pesan-pesan yang ada dimanapun kamu berada, jangan khawatir, FB menyediakan web untuk selalu terhubung dengan FB versi mobile.. Tentunya dengan HandPhone yang setidaknya memiliki koneksi GPRS atau bahkan EDGE/UMTS/HSDPA bukanlah hal yang sulit.. Tinggal masuk aja ke m.facebook.com tinmobile facebookggal login seperti biasa..

Memang tampilan yang ada, tidak banyak seperti di versi web standartnya, tapi dengan meminimalis inilah, pulsa kita tidak terkuras.. Dengan mobile facebook ini, konten maupun pesan yang ada dapat dibalas dengan cepat..

Iklan
Kategori:Internet

Trend Chatting Lewat HP

Januari 23, 2009 Tinggalkan komentar


sh messenger

Sekarang udah gak jamannya smsan kali ya, trendnya berubah jadi chatting.. Hmm kalau dulu chatting harus sambungin PC/Laptop ke jaringan internet lalu nyalain aplikasi chatting (dulu MIRC yang paling terkenal, sekarang udah ganti YM tuh..), sekarang udah ganti trendnya.. Chatting lewat HP?? sapa takut..

Perlu diketahui bahwa tidak harus menggunakan HP yang super mahal untuk bisa chatting lewat HP, bahkan HP seharga ratusan ribupun udah bisa buat chatting.. yang penting HP tersebut udah bisa buat GPRS (Edge, 3G, UMTS atau HSDPA lebih bagus), terus instyallin aplikasi chating mobile deh, ada yang java based ada juga yang menggunakan sistem operasi symbian untuk instal aplikasi tersebut..

nah, aplikasi apa aja yang bisa dijadikan untuk chatting?? kamu dapat menginstal eBuddy, YMTiny, SHMessenger untuk java based atau Slick untuk symbian, sebenernya masih banyak lagi aplikasi serupa..

untuk yang selalu pengen OL dimanapun kamu berada, pilihan chating lewat HP jadi pilihan yang tepat.. aku coba beberapa aplikasi di atas di HP Nokia 6600 (Slick dan YMTiny) dan Sony Ericcson W810i (eBuddy).. perbandingan menggunakan kedua aplikasi tersebut sangat mencolok.. Pertimbangan pemilihan aplikasi-aplikasi tersebut dapat dikelompokkan:

untuk yang lebih suka kompleks semisal nampilin foto dan GUI (Graphical User Interface) yang bagus, jelas eBuddy dan Slick ataupun SHMessenger dapat jadi pilihan yang bagus.. Nah, tapi konsekuensinya adalah jumlah byte yang dikirim dan diterima jadi lebih banyak, itu artinya biaya yang dikeluarkan untuk koneksi internet via HP menjadi tinggi.. Bandingkan dengan YMTiny yang simple dan hanya mengirimkan teks biasa akan mengirit biaya GPRS..

buat pertimbangan ni, aku pake slick cuma chating 15 menit, bisa nyampe 70an kb, sedangkan dengan YMTiny seingetku cuma 40an kb, jika operator yang digunakan menetapkan biaya GPRS Rp 1/kb, 15 menit kita hanya mengeluarkan biaya pulsa maksimal 70 rupiah, sedangkan 1 jam kita hanya sekitar 280 rupiah, cukup murah bukan..

Kategori:Internet

Internet dengan Indosat M2 + HP sebagai modemnya

Januari 19, 2009 13 komentar

Indosat M2 bener2 OK, mendukung layanan 3,5 G (HSDPA). Namun aku masih pakai 3G dengan kecepatan 384 Kbps, yang ada di Sony Ericsson P1i. Ingin rasanya beli HP yang udah HSDPA. Hmm buat perbandingan aja. Speed connection menggunakan SE P1i 460an Kbps, dengan menggunakan IDM speed downlaoad antara 20-40 kbps. yach lumayan kenceng lah..

Trus aku coba koneksikan Indosat M2 ini dengan Sony Ericsson tipe lain yakni W810i yang hanya mendukung layanan EDGE. Saat dicolok, terdapat masalah pada awalnya, meskipun berhasil tapi kadang koneksi putus, kecepatan koneksinyapun hanya 100an Kbps, belum nyoba buat download, yang pasti akan lambat.. Wkk..

OK, sekedar membahas teknologi 3,5 G (HSDPA), aku bayangin gimana kalau aku koneksikan M2 dengan HP yang sudah support HSDPA semisal Nokia N82.. Pastinya akan sangat kenceng tuh.. Ternyata HSDPA memiliki kecepatan yang berbeda-beda.. Semisal Nokia N82 mempunyai kecepatan 7,2 Mbps (bandingkan dengan 3G yang hanya 384 kbps), tentunya akan sangat cepat (tapi akan percuma, karena kecepatan maksimal indosat M2 hanya 3,6 Mbps).. Namun, jangan salah, ada juga yang memiliki HSDPA namun kecepatannya hanya 3,6 Mbps, HP yang memiliki HSDPA yang kecepatannya 3,6 Mbps antara lain adalah Nokia 6120 Classic, HP keluaran Nokia terbaru yang termurah untuk ukuran HP yang memiliki HSDPA, sedangkan keluaran Sony Ericsson mengeluarkan G502, seri HSDPA termurahnya.. Semakin hari internet semakin murah saja..

O iya, yang nggak kalah serunya, dengan Indosat M2 kamu bisa surfing sepuasmu hanya dengan 100 ribu per bulan alias unlimited.. perdananya cuma 50 ribu..

Ayo daripada kalian beli modem HSDPA mending tambah sedikit udah dapat HP canggih, disamping buat internetan bisa buat yang lain, kan seru tuh.. setelah gak dipake sebagai modem, bisa digunakan untuk yang lain, semisal MP3 player ataupun kamera..

Kategori:Internet